. . .

Ketua TP-PKK Lampung Imbau Masyarakat Lampung Tentukan Menu Keluarga Beragam dan Bergizi

image_print

TRANSLAMPUNG.COM, BANDARLAMPUNG – Ketua TP-PKK Provinsi Lampung Aprilani Yustin Ficardo menghimbau masyarakat khususnya Ibu Rumah Tangga untuk dapat berperan dalam menentukan dan menyediakan menu keluarga yang beragam, bergizi seimbang dan aman serta dapat diaplikasikan dalam kehidupan sehari hari.

“Masalah Gizi seperti stunting menjadi fokus perhatian khusus dari Pemerintah Provinsi Lampung. Stunting merupakan kondisi gagal tumbuh pada anak balita akibat kekurangan gizi. Oleh karena itu, masyarakat khususnya Ibu Rumah Tangga harus mampu memberikan dan menyediakan konsumsi Pangan yang beragam, berkualitas, serta memenuhi keseimbangan gizi dalam pola konsumsi pangan sehari-hari,” demikian disampaikan Ketua TP PKK Provinsi Lampung Aprilani Yustin Ficardo saat membuka Bazar Pangan sekaligus Lomba Cipta Menu dalam rangka memperingati Hari Pangan Sedunia ke-38 bertemakan  “Beragam, bergizi seimbang dan aman” di halaman Gedung Sumpah Pemuda Komplek PKOR Way Halim, Bandarlampung, Minggu (14/10) pagi.

Lebih lanjut, Yustin juga menyatakan bahwa saat ini pemerintah gencar melakukan diversifikasi konsumsi pangan. Upaya tersebut dilakukan tidak untuk mengganti beras secara total, tapi mengubah pola konsumsi pangan masyarakat sehingga masyarakat mengkonsumsi lebih banyak jenis dan ragam pangan baik untuk pangan sumber karbohidrat, protein serta vitamin dan mineral yang menjadikan kualitas gizi lebih baik.

“Dengan lebih banyaknya ragam pangan yang berkualitas dan bergizi, saya berharap dapat memenuhi Gizi Keluarga dan mendukung program pemerintah dalam penanganan Stunting. Semoga melalui Lomba Cipta Menu Tingkat Provinsi Lampung ini dapat mengingatkan kembali perwujudan Ketahanan Pangan,” pungkas Yustin.

Dalam kegiatan tersebut, Yustin Ficardo juga bertindak sebagai juri dalam Lomba Cipta Menu yang digelar hari itu. Dari 15 Kabupaten/Kota yang mengikuti lomba tersebut, Lampung Tengah keluar sebagai juara Pertama, kemudian diikuti oleh Kabupaten Pringsewu dan Lampung Selatan sebagai Juara kedua dan ketiga. (rls)

error: Content is protected !!