Ketua PA Khilap, Wartawan Adukan ke Polres

0
435
views

WAYKANAN – Pelecehan terhadap wartawan yang dilakukan pejabat terulang. Kini wartawan Radar Lampung yang bertugas di Kabupaten Way Kanan Hermansyah (43) mengaku dilecehkan Ketua Pengadilan Agama Blambanganumpu.

Merasa tak terima, Hermansyah melaporkan pelecehan tersebut ke Polres setempat. Hal itu dibenarkan Kanit Reskrim Polres Way Kanan IPDA. Musakir mendampingi Kapolres Way Kanan AKBP. Harseno, SIK., MM. saat dikonfirmasi, Kamis (31/3/2016).

Dijelaskan IPDA Musakir, memang ada laporan tindak pidana sesuai dengan Pasal 310 KUHP. Pelapornya Hermansyah, wartawan Radar Lampung Biro Kabupaten Way Kanan. Peristiwa pelecehan terjadi di Kantor Pengadilan Agama (PA) Blambangan Umpu Kabupaten Way Kanan, pelakunya adalah Ketua PA. Blambanganumpu.

Sementara Herman, panggilan akrab jurnalis itu, menjelaskan bahwa insiden tersebut terjadi pada Kamis (31/3/2016) sekira pukul 08.30 Wib. Seperti dilansir inilampung.com

Menurut Herman, dirinya dilecehkan secara profesi oleh Ketua Pengadilan Agama Blambanganumpu, Kabupaten Way Kanan Drs. Darul Husni, SH., MHI.

Dicertitakan, saat itu dia ingin mendapatkan informasi sebagai tugas jurnalistik di Pengadilan Agama Blambanganumpu, Kabupaten Way Kanan.

Kedatangannya ke PA ingin mengkomfirmasi sidang perceraian salah seorang warga Kampung Gistang, Kecamatan Blambangan, kerabat temannya yang kini sedang berproses, tapi dinilai lamban penanganannya.

Sembari menunggu sahabatnya, Syahrizal (44 th), Herman menunggu di lobi kantor PA tersebut, dan mengisi buku tamu di meja security.

Selang beberapa saat, Ketua PA melihatnya lalu menanyai keperluan apa datang ke kantornya. Pertanyaan Ketua PA bertubi-tubi, kata Herman, terkesan mencurigai kehadirannya.

“Saya jawab, saya memang bertamu ke sini, tapi saya belum tahu siapa yang saya temui dan apa yang saya tanya, karena teman saya (Syahrizal, Red) yang mengajak saya ke sini belum tiba,” jawab Herman seraya ingin menyalami Darul Husni, namun ditolak.

“Dengan nada ketus, Ketua PA berkata: Gak usah, saya tahu kamu! Saya kenal betul kamu, kamu pernah berbuat kacau beberapa tahun lalu disini. Kamu buat berita yang enggak-enggak, ini wartawan gak jelas! Kamu ini pengacau,” ketus Darul Husni seperti ditirukan Herman saat di BAP di Polres Way Kanan.

Herman mengaku tak terpancing emosi. Dia malah menanyakan kenapa pertanyaan seperti itu. Mendengar itu, Ketua PA naik pitam dan hendak memukulnya.

Selain itu, terus Herman, dirinya sempat disandera karena pintu ruang lobi ditutup Ketua PA Darul Husni.

Terpisah, Ketua PA Blambanganumpu Drs. Darul Husni, SH., MHI., mengakui bila telah terjadi keributan antara dirinya dengan Hermansyah.

Dikatakan Darul, kehadiran Herman ke PA bukan sedang bertugas jurnalistik. Tetapi, sebagai tokoh agama.

LEAVE A REPLY