Ketua IDI Lampung Timur: Modernisasi Pengaruhi Pola Hidup Sehat

0
351
views

TRANSLAMPUNG.COM, SUKADANA – Ketua Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Kabupaten Lampung Timur (Lamtim) dr. Nila Sandrawati Tanjung M.Kes, bicara soal pola hidup sehat.

Menurut dia, di era modernisasi saat ini, beban gizi ganda sudah dialami Indonesia. Saat bersamaan, gizi buruk dan gizi lebih juga hadir.

“Indonesia mengalami perkembangan, dampaknya salah transisi nutrisional peralihan gizi masyarakat pedesaan,” ujar dokter Nila yang juga menjabat kepala bidang (Kabid) di Dinas Kesehatan (Diskes) Lamtim, di ruang kerjanya, Selasa (12/9/2017).

Dikatakannya, dahulu masyarakat suka makan karedok, pisang rebus, sayur bening, buah-buahan dan rajin berolahraga.

“Tapi sekarang, di zaman yang serba instant ini, ke sawah yang dulu jalan kaki atau naik sepeda, sekarang naik sepeda motor. Contoh lainnya, menonton televisi saja sudah memakai remote, yang secara tidak langsung sudah mengurangi gerak tubuh kita,” jelas dokter berhijab yang juga aktif dalam Gerakan Masyarakat Sehat (Germas) serta selalu membawa bekal makanan dari rumah itu.

Ditambahkannya, faktor lingkungan juga sangat penting.

Walaupun sarana dan prasarana canggih, obatnya bagus, dokternya hebat, kalau kesehatan lingkungannya tidak bagus, misal buang air besar (BAB) sembarangan, tidak cuci tangan, sampah berserakan, makanan dan minuman yang banyak bahan pengawet, akhirnya jatuh sakit dan biaya berobat mahal.

“Yang murah, perbaiki lingkungan. Kalau lingkungannya sudah bagus, kita sehat semua. Perbanyak makan sayur dan buah secara langsung, kurangi sari buah dalam kemasaan, apalagi yang mengandung bahan pengawet, lalu rajin berolahraga,” imbau dokter Nila. (Kemas)