. . .

Ketua DPW PPNI Lampung Apresiasi Perawat dalam Aksi Peduli Bencana Tsunami

image_print

TRANSLAMPUNG.COM, LAMPUNG – Keterlibatan Persatuan Perawat Nasional Indonesia (PPNI) dalam setiap aksi kemanusian terdampak bencana alam yang terjadi diberbagai tempat di Indonesia belakangan ini patut diapresiasi, perawat merupakan garda terdepan bagi penangan korban bencana. Begitu pula terhadap penanganan korban bencana tsunami yang terjadi beberapa waktu lalu di wilayah provinsi Lampung dan Banten.

Di Provinsi Lampung keterlibatan perawat baik yang bertugas di Rumah Sakit (RS), Puskesmas, Klinik-klinik swasta dari seluruh Kabupaten Kota di Provinsi Lampung bahkan dari beberpa provinsi di sumatera turut ambil bagian dalam penanganan korban yang tersebar di RS, Pengungsian dan posko-posko penanganan korban bencana. Penugasan perawat yang berasal dari lembaga pemerintah maupun yang dikoordinir dari DPW PPNI Provinsi Lampung  dan DPD PPNI Se-Provinsi Lampung.

Sejak hari pertama kejadian keterlaibatan perawat sangat dirasakan sekali manfaatnya khususnya di RSUD Bob Bazar dan beberapa penampungan dan posko-posko pelayanan, baik dalam penanganan dan perawat luka maupun terapi healing. Selain bantuan tenaga, DPW PPNI Provinsi Lampung juga menghimpun bantuan baik berupa obat-obatan, perbekalan kesehatan, sembako, PPNI juga menghimpun dana dari anggota yang dikoordinasikan oleh DPD PPNI Se-Provinsi Lampung.

Dana yang terkumpul selanjutnya diserahkan langsung oleh ketua DPW PPNI yang juga menjabat sebagai Ketua DPRD Provinsi Lampung, Dedi Afrizal S.Kep.Ns. MH, didampingi Ketua Umum dan beberapa pengurus DPP PPNI, Ketua DPD PPNI Lamsel dan pengurus DPK di Lamsel. Bantuan yang diberikan dalam bentuk uang kepada korban yang dirawat di RSUD Bob Bazar,  peralatan anak sekolah serta peralatan masak berupa kompor gas, selang dan tabung gas kepada masyarakat yang terkena dampak langsung khusunya di Desa Way Muli dan Sukaraja Kecamatan Rajabasa Kabupaten Lampung Selatan.

Ketua DPW PPNI Provinsi Lampung dan selaku Ketua DPRD Provinsi Lampung mengucapkan terimaksih dan apresiasi kepada para anggota PPNI serta elemen masyarakat yang berpartisipasi dalam penanganan pasca bencana Selat Sunda khususnya di Kabupaten Lampug Selatan.

“Semoga Allah akan membalas atas semua kebaikan yang telah diberikan, dan semoga saya  maupun pemerintah pusat dapat memperhatikan kesejahteraan rekan-rekan perawat. Karena realita masih ribuam perawat di Provinsi Lampung yang statusnyaTenaga Sukarela dan honor yang penghasilannya masih di bawah UMR (Upah Minimum Rata-rata) dan kelayakan hidup normal. Karena saya yakin kesejahteraan perawat dan tenaga kesehatan lain akan sangat mendukung upaya pembangunan kesehatan untuk mewujudkan masyarakat yang sehat dan berkualitas serta berdaya saing global,” ucap Dedi. (*)

error: Content is protected !!