Ketua DPRD Apresiasi Deklarasi Zona Bebas Narkoba

0
669
views
Ketua DPRD Lampung, Dedi Afrizal saat menghadiri Deklarasi Zona Bebas Narkoba di Tegineneng, Senin (23/10) Foto:Ist

Dibutuhkan Peran Aktif Pemerintah

TRANSLAMPUNG, TEGINENENG- Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Lampung, Dedi Afrizal menghadiri Deklarasi Zona Bebas Narkoba di Desa Kejadian, Kecamatan Tegineneng, Kabupaten Pesawaran, Senin (23/10).

Ini sebagai wujud apresiasi terhadap salah satu langkah Polda Lampung dalam memberantas dan mencegah peredaran Narkoba.

“Pertama saya mengaprsiasi langkah Kapolda Lampung atas terselenggaranya deklarasi zona bebas narkoba yang mana kegiatan ini serentak dilaksanakan diseluruh Kabupaten Kota se-Provinsi Lampung,” kata Dedi kepada media, Senin (23/10).

Dirinya merasa bangga, karena dalam deklarasi serentak mengukir salah satu hari bersejarah dengan komitmen puluhan para mantan pengguna, pecadu, pengedar dan bandar narkoba yang menyatakan berhenti mengenal barang terlarang tersebut.

“Hari ini akan jadi hari bersejarah dimana puluhan eks pemakai, pecandu, pengedar bahkan bandar narkoba menyatakan berhenti melakukan aktifitas yang selama ini dijalankan,” ungkapnya.

Namun, menurut dia, hal tersebut tidak akan pernah berhasil tanpa peran aktif Pemerintah Kabupaten Kota untuk mengawal proses rehabilitasi. Dengan melibatkan lintas sektor dilakukan pendampingan serta diberikan keterampilan sehingga dapat merubah citra negatif menjadi positif.

“Dan ini perlu dukungan dari semua pihak, mulai dari keluarga, lingkungan dan juga aparat Kepolisian serta pemerintah. Menurut saya perlu pengawalan dan pendampingan terhadap mereka agar tidak kembali pada aktifitas sebelumnya. Tugas pemerintah multi sektor harus terlibat. Pertama bagaimana kita mengembalikan mindset positif mereka, bahwa kita sebagai makhluk sosial yang dalam kesehariannya akan berupaya memenuhi berbagai macam kebutuhan hidup, akan lebih efektif jika mereka didorong  dengan kesadarannya mau melakukan rehabilitasi  dan diberi pembekalan berupa diklat keterampilan sesuai potensi mereka, dan potensi lingkungan tempat tinggalnya sehingga mereka bisa mandiri dan produktif,” jelas politisi dari Fraksi Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP).

Selain itu Dedi juga sangan kagum atas keberanian para mantan pengguna, pengedar dan bandar Narkoba yang mendeklarasikan dan berkomitmen berhenti gunakan narkoba.

“Saya juga mengapresiasi keberanian eks para pengguna, pengedar maupun bandar narkoba yang telah mendeklarasikan dan berkomitmen untuk berhenti. Ini perlu keberanian sangat besar hingga acara ini teraelenggara. Semoga niat saudara-saudara kita itu diberi kemudahan, kekuatan dan keberhasilan untuk dapat keluar dari belenggu barang haram tersebut,” pungkasnya.

Dalam acara tersebut dihadiri Gubernur Lampung didampingi Assisten Bidang Kesejahtahteraan, Heri Suliyanto, Kapolda, Bupati Pesawaran, Ketua DPRD Kabupaten Pesawaran, Kapolres Pesawaran dan Forkopimda. Serta hadir juga tokoh adat,  tokoh agama, tokoh masyarakat dan warga dari Desa Kejadian dan Desa Negara Ratu, Kecamatan Tegineneng, Kabupaten Pesawaran. (*/hkw)