Ketangkasan Prajurit Dalam AKS TNI AL Tahun 2017 Dilaksanakan di Wilayah LANAL Lampung

0
328
views

TRANSLAMPUNG.COM, BANDARLAMPUNG-Pangkalan TNI Angkatan Laut (Lanal) Lampung dengan dibawah Komando Letkol Laut (P) Kelik Haryadi, S.H., M.Si. merupakan satuan TNI AL yang mempunyai tanggung jawab kewilayahan di Provinsi Lampung, salah satu dalam tugas pokok dan fungsinya adalah membantu unsur satuan TNI AL dalam menjalankan sebuah operasi.

Apel Komandan Satuan (AKS) merupakan event tahunan di lingkungan TNI, demikian juga di Internal TNI Angkatan Laut AKS selalu diadakan yang bertujuan untuk menyamakan persepsi serta pemahaman terhadap pokok-pokok kebijakan pemimpin TNI AL dalam pelaksanaan tugas seorang Komandan Pangkalan dan Komandan Satuan Operasi di lapangan, serta untuk mengimplementasikan kebijakan pemerintah berkaitan dengan program pembangunan Indonesia sebagai poros maritim dunia.

Pada tahun 2017 ini AKS TNI AL akan dilaksanakan tidak seperti sebelum-sebelumnya, yang biasanya dilaksanakan di Jakarta atau Surabaya, kali ini Lanal Lampung sebagai Pangkalan TNI AL yang berada di Provinsi Lampung mendapat mandat untuk menyiapkan kegiatan tersebut.

“Setelah mendapat perintah dari Mabes TNI AL dan berkoordinasi dengan Brigif 3 Marinir serta Pemerintah Daerah untuk mendukung kegiatannya, pada tanggal 21 hingga tanggal 23 Februari 2017, nanti akan dilaksanakan Apel Komandan Satuan TNI AL 2017 di Provinsi Lampung,” jelas Danlanal.

Lebih lanjut disampaikan, AKS TNI AL yang diikuti oleh jajaran Komandan Satuan TNI AL dari seluruh Indonesia ini diawali dengan pelayaran dari Jakarta menuju Teluk Ratai di Lampung, yang pemberangkatannya dari Dermaga Kolinlamil di Tanjung Priok menggunakan KRI Surabaya-591, kapal perang kelas Landing Platform Dock(LPD), selain itu juga AKS ini melibatkan banyak unsur operasi lainnya seperti, beberapa KRI dari jajaran Koarmabar, Koarmatim, Kolinlamil dan pesawat dari Puspenerbal serta Ranpur Amfibi dari Kormar, tidak ketinggalan juga KAL Pohawang dan semua unsur Patkamla Lanal Lampung akan kita libatkan untuk mensukseskan kegiatan tahunan ini.
Ditambahkan pula, bahwa dalam kegiatan AKS TNI AL ini para Komandan Satuan yang berjumlah kurang lebih 310 orang tersebut mendapat pembekalan dari Kepala Staf TNI Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Ade Supandi, S.E. dan paparan berbagai bidang dari Irjenal dan jajaran Asisten Kasal, Workshop konsep operasi dan pemecahannya, serta Sosialisai bidang Hukum dari Kadiskumal.

“Pada hari ketiga tanggal 23 Februari pagi para peseta akan melaksanakan kegiatan demo dan ketangkasan prajurit di sekitar pantai Caligi kabupaten Pesawaran. Sebagai penghormatan dari TNI AL kepada pemerintah daerah, Gubernur Lampung dan Bupati Pesawaran juga diundang untuk mengikuti kegiatan tersebut bersama Komandan Satuan jajaran TNI AL dari seluruh Indonesia” ujar Danlanal.(*)