Kesbangpol Metro: Kemungkinan Kerawanan Terjadi Pada Pileg

TRANSLAMPUNG.COM, METRO – Kesbangpol Metro meyakini tak ada kerawanan konflik usai Pilgub 2018. Menurut Kesbangpol Metro, kerawanan kemungkinan terjadi pada Pileg 2019.

“Kalau Metro sih aman. Metro termasuk laporan money politic, saya sendiri gak denger. Ya mudah-mudahan Metro sampai 2020 mudah-mudahan aman kondusif,” ujar Nur Elman, Senin (2/7).

Dia mengatakan, tingkat kondusif akan terus terjaga dengan bekerjasama lintas sektoral. “Ya ini tingkat kondusif perlu kerjasama lintas sektoral, kepolisian, bin, kodim, kejaksaan alhamdullilah aman-aman aja,” kata dia.

Menurutnya penghitungan di tingkat PPK aman dan dalam sehari selesai. “Kalau sebelumnya kami sudah sosialisasi, pns, netralitas, tokoh agama, tokoh masyarakat kita undang, jangan perbedaan dijadikan alasan untuk berselisih paham,” imbuhnya.

Selain itu Kantor Kesbangpol Metro juga sudah melakukan berbagai sosialisasi terkait hak politik.

“Sampai ke tingkat pelajar, ke pemula. Terutama wawasan kebangsaan. Dalam nanti mereka seperti kemarin Pilgub, mereka setelah 17 tahun punya hak milih,” kata Nur Elman.

Menurutnya berbagai kendala apa yang bisa diselesaikan akan dipercepat, supaya tidak ada kendala, kesbang membantu KPU dalam wawasan kebangsaan.

“Tiga tahun berturut-turut. Pilwakot, mungkin yang agak rawan di 2019, caleg kan jumlahnya banyak. Program nanti kita adakan sosialisasi juga. Termasuk ke partai politik ada sosialisasi juga, kuncinya di mereka. Bagaimana mereka mengakomodir anggotanya. Mudah-mudahan tidak terjadi kerawanan,” tutup kepala kantor Kesbangpol itu. (suf/hkw)

News Reporter