Kereta Pertama MRT Jakarta Berhasil Diturunkan

TRANSLAMPUNG.COM, TANJUNG PRIOK – Kereta pertama mass rapid transit (MRT) telah berhasil diturunkan dari kapal di Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta Utara, Rabu (4/4). Penurunan selesai pada pukul 19.00 WIB.

Pantauan JawaPos.com (Group Trans Lampung), proses pemasangan seal frame selesai sekitar pukul 18.30 WIB. Kereta pertama yang berwarna abu-abu bergaris biru berhasil mendarat di multi-axle tepat pukul 19.00 WIB dengan didahului satu kali percobaan.

“Kita gembira proses penurunan berjalan dengan baik. Ini kereta kita yang pertama,” kata Direktur Utama PT MRT Jakarta William P Sabandar usai kereta berhasil diturunkan di lokasi.

Dia mengatakan, PT MRT Jakarta akan memiliki 96 gerbong serupa. Saat ini jumlah gerbong yang terkirim baru berjumlah 12 unit. Ada delapan unit akan diturunkan malam ini, sedangkan empat unit sisanya akan dikerjakan besok, Kamis (5/4) karena tertiban pupuk Tiongkok yang belum dikeluarkan.

Sementara itu, pengiriman kereta ke Depo Lebak Bulus, Jakarta Selatan dilakukan pada Jumat (6/4). William memperkirakan proses pengiriman baru dapat dilakukan pada malam hari.

“Tergantung nanti kerja sama dengan pihak lain seperti Dinas Bina Marga, Dinas Perhubungan dan Transportasi, dan Kepolisian,” kata dia.

Kereta berkode K1 1 18 11 itu akan terletak di posisi kelima, seperti yang diketahui, satu train set atau rangkaian kereta MRT Jakarta terdiri dari enam kereta.

Ketika dioperasikan nantinya satu train set bisa menampung 200-300 penumpang. Hingga pukul 20.00 WIB saat ini, satu per satu kereta menyusul diturunkan. Sementara yang sudah keluar dibawa menuju tempat penyimpanan sementara di Dock 101 Pelabuhan Tanjung Priok. (yes/JPC/jpg)

 

 

 

 

News Reporter