. . .

Kepala Tiyuh Mulya Jaya Berikan Surat Pernyataan Resmi Kepada Pospera

image_print

TRANSLAMPUNG.COM–PANARAGAN.
‎Kepala Tiyuh (Desa) Mulya Jaya Kecamatan Tulang Bawang Tengah Kabupaten Tulangbawang Barat (Tubaba) Lampung, Lukman menyampaikan surat pernyataan tertulis terkait dugaan pengamanan program pembangunan Pamsimas kepada DPC Pospera Kabupaten setempat.

Hal tersebut disampaikan langsung oleh Kepala Tiyuh Mulya Jaya Lukman, kepada Ketua DPC Pospera Tubaba sekitar pukul 17:15 Wib. ‎

” ‎Maaf mas, saya sudah buat pernyataan tertulis kemarin setelah saya membaca surat Pospera, dan pemberitaan, hanya saja saya lagi banyak kegiatan, jadi mohon maaf baru bisa saya sampaikan. Ini pernyataan tertulis yang dapat saya pertanggungjawabkan.” Kata Lukman kepada Ketua Pospera pada selasa (9/10) lalu.‎

Lanjut dia, dalam surat klarifikasi tersebut kepada Ketua Pospera sebagai berikut.‎ ‎1 Bahwa tuduhan tersebut tidak benar telah malakukan pungutan uang dari program pembangunan Pamsimas 2017 untuk Pengamanan Wartawan dan LSM di Tubaba sebagaimana dalam pemberitaan.

2 ‎Tidak Benar, bahwa saya memerintahkan atau diperintahkan oleh ketua Pospera atau siapapun untuk melakukan pungutan uang dari program pembangunan Pamsimas guna Pengamanan Wartawan dan LSM sebagaimana yang diberitakan oleh media Newskabarindonesia com, sehingga dapat merugikan namabaik organisasi dan nama baik Ketua Pospera Tubaba, serta pihak-pihak lainnya yang diuduhkan.

3. Bahwa saya tidak pernah dikonfirmasi oleh pihak media Newskabarindonesia.com terkait informasi yang telah diberitakan, dan saya mengangap pemberitaan tersebut tidak berimbang dan tidak benar.

4. Benar bahwa tiyuh di muya jaya juga mendapatkan program pembangunan Pamsimas pada tahun 2017, melalui dinas PUPR Tubaba dan selama ini tidak ada persoalan apapun sehingga pembangunannya dilakukan dengan baik dan memiliki manfaat bagi masyarakat informasi tersebut.

5. Bahwa Surat Pernyataan ini sekaligus merupakan hak jawab atau hak klarifikasi resmi saya atas tuduhan sebagaimana dalam pemberitaan.

6. Informasi sebagaimana dalam pemberitaan, menjadi tanggung jawab sepenahnya sumber informasi tersebut.

Menyikapi hal itu, Ketua Pospera Tubaba Dedi Priyono.SH yang didampingi oleh Sekretaris Edi Irawan.SH berharap agar insan pers di Tubaba dapat menjalankan tugasnya dengan baik dan profesional sehingga produk jurnalistik yang dihasilkan terhindar dari pelanggaran ketentuan pers.

“Lukman telah menyampaikan pernyataan tertulis nya kepada Pospera Tubaba, yang intinya informasi itu tidak benar. Ini adalah hak jawab dan klasifikasi kepala Tiyuh Mulya Jaya. Untuk itu kami berharap setiap pemberitaan media harus sesuai kode etik jurnalistik dan mengikuti pedoman pemberitaan media siber agar tidak melanggar ketentuan pers.”  Imbuhnya (Dirman)‎