Kepala Diskominfosandi Ajak Pelajar Tanggamus ”Ber-Internet Sehat”

0
4597
views
PANDUAN INTERNET SEHAT: Kepala Diskominfosandi Tanggamus Sabaruddin secara simbolis menyerahkan buku panduan Internet Sehat pada perwakilan siswa/siswi SMAN 1 Talangpadang saat Sarasehan Desiminasi Informasi, Rabu (8/11). (Foto: DISKOMINFOSANDI TANGGAMUS)

TRANSLAMPUNG.COM, TANGGAMUS – Era digital saat ini yang identik dengan semakin mudahnya mengakses semua jenis informasi dalam jaringan (daring) memiliki aspek positif jika digunakan sesuai koridor. Namun di sisi lain, akan memunculkan dampak negatif jika disalahgunakan. Untuk itulah, para generasi muda Indonesia harus diedukasi agar bijak memanfaatkan era digital, khususnya kalangan pelajar tingkat menengah atas.

Langkah sosialisasi dan edukasi itu, salah satunya dikemas dengan Sarasehan Desiminasi Informasi yang berlangsung di SMAN 1 Talangpadang, Rabu (8/11). Sebagai stakeholder yang sangat berkaitan erat, Kepala Diskominfosandi Tanggamus Drs. Sabaruddin turut menghadiri sarasehan tersebut. Dalam kesempatan itu, dia sengaja mengemukakan ”Manfaat dan Dampak Internet”.

”Sebagai organisasi pemerintah daerah, kita harus tanggap tentang dunia informasi. Lalu baik dan buruknya kemajuan teknologi yang meliputi dua aspek, yakni aspek kemanfaatannya (positif) dan aspek kerugiannya (negatif). Untuk itu saya berharap kepada siswa/siswi SMAN 1 Talangpadang, bisa mengikuti sarasehan dengan baik,” ujar Sabaruddin.

Melalui sarasehan ini, dia berharap, kalangan pelajar dan generasi muda pengguna aktif internet bisa tercerahkan serta memahami Undang-Undang Informasi dan Transaksi Elektronik (ITE). Terutama dalam berinteraksi dengan internet. Seperti perbuatan yang dilarang sebagaimana tercantum dalam Pasal 27 UU ITE, misalnya perbuatan asusila, perjudian, pencemaran nama baik, dan pengancaman. Lalu Pasal 28 UU ITE tentang berita bohong (hoax) dan penghasutan.

”Tak lupa pula, ini Kabid Humas Kominfo Diskominfosandi Tanggamus Derius Putrawan, mengajak kita semua agar melakukan registrasi kartu data telekomunikasi supaya kartu bisa digunakan seumur hidup,” jelas Sabaruddin.

Dalam sosialisasi Serasehan Desiminasi Informasi itu, Kepala SMAN 1 Talangpadang, Sudirman, S.Pd. mengucapkan syukur dan terimakasih atas kerja sama dengan Diskomifosandi Tanggamus. Sehingga siswa/siswi SMA setempat dengan jumlah total 1.037 anak itu, bisa mengerti dan memahami dampak positif dan negatifnya menggunakan internet sekarang ini.

Kegiatan kemarin juga menghadirkan narasumber seorang Dosen Darmajaya Bandarlampung, Nurjoko, S.Kom, M. Ti. Dia khusus menjelaskan dan membahas tentang tema “Internet Sehat dan Aman”. Dewasa ini, menurut dia, internet bagaikan pisau bermata dua. Artinya memiliki dampak positif dan negatif di saat yang bersamaan.

”Dan harus dipahami juga sifat internet seperti yang dikatakan Bapak Kepala Diskominfosandi Tanggamus tentang UU ITE. Untuk itu, saya mengajak siswa/siswi SMAN 1 Talangpadang, agar menggunakan internet dengan baik dan bijaksana. Gunakanlah internet sebagai media dan sarana untuk menunjang kepentingan pelajaran dan hal-hal positif lainnya,” imbau Nurjoko. (rls/ayp)