. . .

Kendala NIK saat Daftar CPNS, Beres dalam 24 Jam

image_print

TRANSLAMPUNG.COM, TANGGAMUS – Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Tanggamus bersedia memfasilitasi pendaftar CPNS, jika kesulitan mendaftar karena kendala Nomor Induk Kependudukan (NIK).

Kepala Disdukcapil Kabupaten Tanggamus Syarif Husin menerangkan, selama ini banyak masyarakat yang mengadu terkendala dengan NIK saat mendaftar CPNS. NIK dinyatakan tidak valid dan itu pasti menghambat proses pendaftaran bagi pendaftar.

”Kalau selama ini, ada sekitar 70 pengaduan dan langsung kami tangani. Itu langsung kami koordinasikan dengan pusat. Dan dalam waktu 24 jam, masalah itu beres,” tegas Syarif Husin.

Ia mengaku, kendala itu disebabkan server pusat yang belum memvalidasi antara data perekaman dengan data Kartu Keluarga (KK). Setelah divalidasi, ternyata langsung bisa tanpa menunggu lama. Masalah itu hanya di tingkat pusat, dan selama ini bisa diselesaikan di sana.

Dari seluruh pengadu masalah NIK untuk daftar CPNSD, kata dia, setelah diperbaiki tidak ada kendala lagi. Jika begitu, maka laporkan kembali ke Disdukcapil Tanggamus. Dan jika tidak bisa lagi, hubungi call centre nomor 1500537.

”Bukan cuma kami yang bisa menelepon ke nomor (call center) itu. Tapi masyarakat juga boleh, jika sudah beberapa kali NIK dinyatakan tidak valid,” terang Syarif.

Sedangkan untuk tingkat pendaftaran perekaman di masa pendaftaran CPNS, dia menyebutkan tidak ada lonjakan. Pembuatan KTP tetap seperti hari biasanya antara 20 sampai 50 pembuatan. Itu menandakan para pendaftar sebagian besar sudah miliki KTP.

”Bagi masyarakat yang daftar CPNS dan ada kendala dengan NIK, segera saja datang ke kantor (Disdukcapil Tanggamus). Nanti kami ajukan pembenahan. Sebab itu cuma masalah belum tersamakan saja datanya, antara di sini dengan di server pusat,” terang Syarif.

Disdukcapil Kabupaten Tanggamus mengimbau masyarakat yang belum perekaman, agar secepatnya perekaman KTP. Sebab itu sangat penting. Misalkan saja untuk kepentingan pendaftaran CPNS.

”Kami juga bersyukur melalui CPNS diketahui bagaimana tingkat perekaman dan sejah ini bagus,” terang Syarif.

Sampai saat ini capaian perekaman sudah 394.491 orang dari wajib KTP 443.874 orang atau 89 persen. Sedangkan cetak hasil perekaman dan cetak ulang, totalnya 453.069 kartu. (ayp)