Kenali-Evaluasi Berkala Perencanaan Keuangan Anda

0
50
views

TRANSLAMPUNG.COM, BANDAR LAMPUNG – DALAM merencanakan keuangan, paling banyak setiap orang terkadang sering tidak sadar melampaui anggaran yang telah direncanakan sebelumnya. Terutama pada kebutuhan konsumsi yang tidak terkendali.

Apalagi sampai menimbulkan hutang dan terlebih suatu perencanaan mengabaikan kebutuhan dalam proteksi diri, sehingga berdampak pada sistem keuangan keluarga yang acak-acakan tidak beraturan.

Perencanaan keuangan adalah salah satu bagian dalam mengelola keuangan (personal financial management). Dalam kegiatan mengelola keuangan, ada yang namanya melakukan evaluasi atau meninjau kembali perkembangan keuangan keluarga kita.

Banyak hal yang perlu Anda kenali seperti target penghasilan tahunan, keberhasilan mewujudkan tujuan-tujuan keuangan, target investasi serta kebutuhan asuransi.

Faktor-faktor yang menjadi objek dalam evaluasi keuangan Anda perlu dikenali dan membuat perencanaan kembali agar lebih efektif target pencapaian rencana Anda.

Penghasilan

Pertama, cek kembali apakah jumlah penghasilan di tahun ini sudah sesuai dengan rencana yang dibuat awal tahun. Buatlah rencana untuk meningkatkan penghasilan tahun depan. Selain dari berharap dari kenaikan gaji, Anda dapat meningkatkan penghasilan dengan : hasil investasi, penghasilan pasif dan lain sebagainya.

Pengeluaran

Kedua, Anda juga perlu evaluasi kembali pengeluaran-pengeluaran besar setiap bulannya. Anda perlu mengecek kembali anggaran yang sudah pernah dibuat sebelumnya, cash flow bulanan dan kebutuhan dana darurat (emergency fund).

Asset

Anda juga perlu mengecek kembali kondisi aset yang sudah ada. Misal, saat ini Anda sudah berhasil membeli rumah, mobil dan lain sebagainya. Pastikan Anda mengecek pajak dan biaya-biaya terkait dengan aset tersebut.

Liabilitas / Kewajiban

Apakah tahun ini Anda sudah berhasil bebas dari utang atau kewajiban? Atau tahun ini malah menambah kewajiban atau utang? Pastikan Anda segera bebas dari utang konsumtif, karena utang konsumtif sangat bahaya untuk keuangan Anda.

Investasi

Akhir tahun ini, Anda juga perlu mengecek kinerja hasil investasi. Apakah investasi Anda menghasilkan keuntungan sesuai dengan target? Jika sudah, maka Anda perlu mempertahankan dan mengoptimalkan investasi Anda. Jika hasil investasi belum sesuai dengan target, ada baiknya mempertimbangkan langkah-langkah perbaikan. Termasuk pertimbangkan untuk mengganti produk investasi.

Kebutuhan Asuransi

Tahap selanjutnya adalah cek kebutuhan asuransi Anda, apakah asuransi yang Anda miliki sudah sesuai dengan kebutuhan. Cek kembali polis asuransi yang Anda miliki, seperti:  Apakah plan (rencana) untuk asuransi kesehatan sudah sesuai dengan kebutuhan?, Apakah uang pertanggungan asuransi jiwa Anda sudah sesuai dengan kebutuhan? Atau perlu ditambah?, Apakah asuransi kendaraan dan asuransi rumah Anda sudah mau jatuh tempo? Jika asuransi sudah mau habis, pertimbangkan kembali untuk memperpanjang kembali.

Pencapaian Tujuan Keuangan

Poin berikutnya adalah cek kembali pencapaian tujuan keuangan Anda di tahun 2017. Misal dalam rencana keuangan, harusnya DP rumah sudah terpenuhi 50%. Jika saat ini uang DP rumah belum terpenuhi, berarti ada masalah. Bahas kondisi tersebut dengan perencana keuangan Anda. Jika tujuan keuangan Anda sudah berjalan sesuai dengan rencana, silahkan lanjutkan sesuai dengan rencana yang sudah ada.

Perencanaan keuangan kembali di tahun 2018 ini adalah perbaikan pada perencanaan keuangan Anda di tahun 2017. Berdasarkan hasil evaluasi akhir tahun 2017 ini nanti pada keuangan keluarga, Anda dan perencana keuangan Anda perlu melakukan perbaikan. Lakukan perbaikan pada bagian-bagian yang masih kurang sesuai dengan rencana. Semoga di tahun yang akan datang, Anda dapat lebih memegang kendali atas keuangan, kondiis keuangan menjadi lebih sehat dan tujuan-tujuan keuangan dapat segera terwujud. (*)