Kemitraan UMKM harus Difasilitasi

0
342
views

TRANSLAMPUNG.COM, Waykanan-Peningkatan kemitraan usaha bagi usaha mandiri kecil dan menengah (UMKM) harus di fasilitasi. Demikian dikatakan Bupati Way Kanan Raden Adipati Surya saat coffee morning di Gedung Serbaguna Pemkab setempat, Selasa (21/2).

Menurut dia, tugas pemerintah sebagai pembina UMKM, selain melakukan pendampingan juga memberikan akses permodalan maupun pemasaran dan turun langsung ke lapangan.

Pemkab Way Kanan akan tetap memprioritaskan UKM yang benar-benar produktif, sehingga tetap tetap mengacu kepada kualitas bukan kuantitas.

“Gak apa-apa kita hanya membina sedikit UKM yang penting fokus. Coffee morning harus ada tindak lanjutnya, jangan hanya jadi seremoni saja tanpa ads tindakan nyata”, jelasnya.

Selain itu Bupati Adipati juga berharap agar Bank dan perusahaan-perusahaan dapat menjadi bapak angkat UKM, sehingga tujuan peningkatan usaha kecil dan menengah dapat segera terwujud.

“Bank-Bank pemerintah sesuai kebijakan pusat masing -massing membuka rumah BUMN atau rumah kreatif, sebagai ruang pamer para UMKM, salah satunya Bank BNI yang sudah presentasi tentang hal ini. Kita berhatap Rumah kreatif tidak menumpuk di Kecamatan Baradatu saja, tapi ada juga yang di Way Tuba dan kecamatan- kecamatan lainya di wilayah kabupaten Way Kanan”, harap Bupati.

Bupati menambahkan, pemerintahharus melakukan pendampingan secara tuntas dan secepatnya melakukan verifikasi terhadap UMKM yang akan dibina.(yhs)