. . .

Kecelakaan Maut di Jalinsum, Pengemudi Truk Ditetapkan Sebagai Tersangka 

image_print

TRANSLAMPUNG.COM, BLAMBANGAN UMPU – Akibat Tabrakan maut mobil Bus pariwisata vs Truk yang menewaskan seorang penumpang Bus dan korban lain nya Luka luka, yang terjadi di jalan lintas tengah Sumatera KM 196 tepatnya di kampung Negeri Baru kecamatan Blambangan umpu Kabupaten Waykanan, kemarin Minggu (22/4), akhirnya satuan lalu lintas (Satlantas) Polres waykanan menetapkan Pengemudi truk sebagai tersangka.

Supir truk mitshubisi colt diesel No Pol BA 8489 QU yang bernama Pendi Priadhi (27) yang di tetapkan sebagai tersangka merupakan warga  desa jambu air kecamatan Bukit tinggi Kabupaten Agam, Sumatera Barat.

Kapolres Waykanan AKBP. Doni Wahyudi, melalui Kasat Lantas AKP. I Wayan Budiarta menerangkan, penetapan tersangka terhadap supir truk berdasarkan pengakuan supir itu sendiri, di tambah juga keterangan saksi saksi serta hasil olah tempat kejadian perkara.

“iya, supir truk sudah kami tetapkan sebagai tersangka tadi malam, berdasarkan pengakuannya bahwa dia telah lalai dalam berlalulintas karena menyalip kendaraan lain di posisi jalan tingkungan, penetapan itu juga diperkuat oleh keterangan saksi saksi dan hasil oleh tempat kejadian perkara,” Terang AKP. I Wayan Budiarta, saat di konfirmasi oleh translampung.Com, Senin (23/4)

Saat ini, tersangka sudah di amankan di Rumah tahanan Polres Way Kanan untuk mempertanggungjawabkan perbuatannya, tersangka sendiri di kenakan pasal pasal 310 ayat   1,2,3 dan 4 uu no 22 thn 2009 tentang Lalulintas dengan acaman hukuman 6 tahun penjara.

Sementara itu, lanjut kasat Lantas, untuk tujuh penumpang bus pariwisata yang mengalami luka berat, satu korban bernama Entin Suhartini dirujuk ke RS Urip Sumaharjo Bandar Lampung, dan satu korban bernama Yeyet dirujuk ke RS Abdul muluk Bandar Lampung. Sedangkan lima korban lainnya masih di rawat intensif di Rumah Sakit Handayani Kotabumi Lampung Utara.

“untuk tujuh korban penumpang Bus pariwisata yang luka berat, dua di antaranya di rujuk ke rumah sakit di Bandar Lampung, sedangkan sisanya masi di rawat di Rumah Sakit Handayani,” Ujar Kasat Lantas.

Seperti diberitakan sebelumnya,  Tabrakan maut mobil Bus pariwisata No Pol D 7959 AO vs Truk colt diesel No Pol BA 8489 QU terjadi di jalan lintas tengah Sumatera KM 196 tepatnya di kampung Negeri Baru kecamatan Blambangan umpu Kabupaten waykanan, Minggu (22/4) pagi sekira Pukul 06:00 wib.

Dari kejadian itu, satu penumpang Bus tewas di tempat, tujuh Luka berat dan lima luka ringan termasuk kedua supir mobil, bahkan satu diantara tujuh penumpang yang mengalami luka berat tangan kanan nya terputus.

Saat di konfirmasi oleh translampung.Com, Kapolres waykanan AKBP. Doni Wahyudi, melalui Kasat Lantas AKP I Wayan Budiarta membenarkan telah terjadi kecelakaan pagi tadi, kronologis kejadian bermula saat mobil truk bermuatan pakaian dari arah Bandar Lampung menyalip kendaraan Truk di depan nya yang bermuatan sawit, namun na’as ketika truk itu menyalip datang dari arah berlawanan Bus pariwisata, tabrakan pun tak terhindarkan.

“Menurut keterangan dilokasi tadi, posisi jalan nya kan tingkungan, supir truk masih bisa ngelak sedikit, sehingga mobil Bus menghantam bak mobil truk maka nya mobil Bus yang parah dan banyak korban, terus karena mengelak akhirnya mobil truk itu terprosok kedalaman kebon sengon milik warga, sedangkan mobil truk yang bermuatan sawit juga ikut terhenti dan masuk kedalaman siring dipinggir jalan,” ujar Kasat Lantas.

Sementara itu, lanjut Kasat Lantas, saat ini pihaknya sudah melakukan evakuasi terhadap kendaraan dan para korban dan mengamankan ke dua supir untuk di mintai keterangan lebih lanjut, sedangkan untuk supir truk sawit hanya di amankan sebagai saksi.

Terpisah, salah satu penumpang Bus bernama Enah (60) mengaku Seluruh penumpang Bus tersebut merupakan warga Kabupaten Garut, mereka merupakan rombongan yang mengikuti pengajian di provinsi Jambi dan akan menuju pulang ke Garut.

“iya kami semua rombongan dari Garut, kami yang berangkat semuanya ada lima Bus untuk mengikuti pengajian di Jambi, tapi takdir berkata lain, ketika mau pulang kegarut mobil Bus kami tabrakan, kami rombongan yang terakhir sedangkan yang empat bus sudah duluan,” kata Enah saat di wawancara di lokasi kejadian.

Satu korban yang meninggal dunia bernama ola (58) langsung di bawa kerumah duka di Dusun Cioyod RT/RW  004/002 desa mekar jaya kecamatan Bayongbong Kabupaten Garut provinsi Jawa Barat. Sedangkan tujuh korban luka berat di bawa kerumah sakit Handayani Kotabumi Lampung Utara. (migo)

error: Content is protected !!