Kartini Mesuji Itu Bernama Nyek Suani

0
1188
views

Nyek Suani, merupakan warga Kabupaten Mesuji yang mendapatkan bantuan BARULAHU(Bantuan Rumah Layak Huni) dari PemKab Mesuji untuk tahun 2017. Wanita yang mengaku lahirdi Februari  tahun 1945 ini menurut masyarakat setempat merupakan sosok kartini bagi mereka.

Jhon Fikri, Pedagang sayur-mayur kaki lima Pasar Simpang Pematang mengaku takjub dengan sosok Nyek Suani itu. Menurutnya, Nyek Suani adalah figur yang patut ditiru semangatnya dalam menjalani kehidupan.

“Nyek Suani adalah figur yang patut ditiru semangatnya, walau sudah tua, ia masih aktif. Padahal, anak dan mantunya saja sanggup menanggungnya. Tetapi tidak, terlihat ia sosok insan yang mempunyai prinsip hidup yang kuat,” Kata Jhon Fikri, ditemui saat sedang asyik mengudak- udak cabai rawit dagangannya itu.

Saat ini semangatnya dalam mengarungi kehidupan tak putus walau  telah menjanda ditinggalkan suaminya (Iyek Abadi), 8 tahun lalu. “Saya lahir di tahun 45 Februari kalau tidak salah sepengingatanku, dan suamiku meninggal dunia 8 tahun yang lalu,” ungkap Nyek Suani, di kediamannya. Sabtu, (22/4/2017).

Saat ditemui di kediamannya, Nyek (Julukan seseorang bahasa Mesuji yang artinya Nenek) Suani sedang sibuk melipat dan merapihkan selimut serta bad cover, barang dagangannya.

Diketahui, Nyek Suani sosok wanita tua yang aktif. Kesehariannya, ia sibuk bekerja sebagai tukang jahit rumahan. Selain itu, ia juga kerap menjadi produsen selimut serta bad cover untuk seputaran Mesuji.

Saat ini, Nyek Suani tinggal di Rumah yang cukup tak layak dihuni warisan almarhum Suaminya. Dengan ditemani beberapa cucu dan anak juga mantunya ia berteduh di Rumah itu.

Menurut penjelasan Sudirman, anak ke empat Nyek Suani, ditahun 2017 ini, mereka telah terdata dan akan mendapatkan bantuan BARULAHU(Bantuan Rumah Layak Huni) dari PemKab Mesuji. “Tahun 2017 ini, Kami telah terdata dan akan mendapatkan bantuan BARULAHU(Bantuan Rumah Layak Huni) dari Pemkab Mesuji,” jelas Sudirman, disela-sela kesempatan itu. (R6).