. . .

Kapuskes Mulya Asri Jadwalkan Sambangi Pasien DBD

image_print

TRANSLAMPUNG.COM, PANARAGAN – Dugaan menyebarnya wabah jentik nyamuk Demam Berdarah Dengue (DBD) di Tiyuh (Desa) Mekar Asri, Kecamatan Tulang Bawang Tengah, Kabupaten Tulangbawang Barat (TUBABA) Lampung, Kepala Puskesmas Mulya Asri, segera sambangi kediaman pasien.

Hal tersebut disampaikan Kepala Puskesmas Kelurahan Mulyo Asri, Tulang Bawang Tengah Dokter Edi, menanggapi adanya laporan dugaan pasien DBD yang saat ini sedang mendapat  perawatan medis oleh pihak RS Asy Syifa Medika Tumijajar.

Dikatakan Edi, sejauh ini pihaknya sudah melakukan penyelidikan epidemiologi di lokasi dan meminta kepada kepala Tiyuh (DESA) terkait, dapat melakukan pemberantasan sarang nyamuk dengan cara mengajak warganya melakukan Jum’at bersih. Sementara, untuk program jangka panjang kami akan lakukan program satu rumah satu Jumantik (1R1J) atau pemantau jentik untuk seluruh Tiyuh yang menjadi binaan Puskesmas setempat.

“ Total semua Pasien DBD telah terdata ada 7 orang, berikut satu pasien hari ini.  Namun setelah kita lakukan kroscek di lokasi tidak ditemukan jentik nyamuk DBD. Sementara 6 orang pasien DBD  itu telah kita kunjungi, sedangkan pasien atas nama Oki akan kami jadwalkan kunjungannya besok (3/2/2019) pastinya, jika didapat jentik nyamuk DBD kami akan lakukan fogging.” Kata Edi, saat menghubungi translampung.com pada (2/2/2019) pukul 20:45 WIB.

Menurut Ibu korban Sunarti (38) Warga Tiyuh Mekar Asri Rk 4 menyatakan. Sejak awal 2019 ini di kampung kami telah ada tiga warga terkena DBD, berikut putra bungsunya yang masih duduk dibangku Sekolah Dasar Negeri 01 (SDN 1) kelas VI.

” Sudah tiga hari lalu terhitung sejak (31/1/2019) anak saya dirawat, dengan keluhan kepala nya sakit, pusing, muntah-muntah dan sakit perut. Kami harapkan, kepada pemkab Tubaba melalui Dinas Kesehatan dan puskesmas terkait dapat melakukan fogging di lingkungan kami, agar wabah DBD tidak menyebaran Mengingat, penyakit tersebut dapat mematikan.” Imbuh Sunarti (Dirman)


 

error: Content is protected !!