. . .

Kapolres : Makam Minak Trio Diso Bukan Dirusak, Tapi Sedang Diperbaiki

image_print

TRANSLAMPUNG.COM

KOTABUMI – Hebohnya kabar di Media sosial tentang rusaknya Cagar budaya makam Minak Trio Diso di Desa Sekipi Kecamatan Abung Tinggi yang  diunggah oleh akun facebook bernama Allifando ternyata tidak benar. Hal tersebut diketahui setelah anggota polres Lampung Utara yang dipimpin Kasat Intelkam bersama Ketua dan anggota PWI Lampura,terjun langsung kelokasi, kamis (13/9)
Dan hasilnya diketahui ternyata Cagar budaya tidaklah rusak atau dirusak melainkan tengah dalam perbaikan.
Saat dikonfirmasi Kapolres Lampung Utara AKBP Eka Mulyana mengatakan kabar yang beredar terkait rusaknya Cagar Budaya Makam Minak Triodiso tidaklah benar, Berdasarkan penyelidikan yang dilakukan anggota kami,  makam tersebut tidaklah rusak atau dirusak melainkan dalam perbaikan,” kata Kapolres.
” Ada salah seorang warga yang berinisiatif untuk memugar makam tersebut,  namun kegiatan perbaikan sempat terhenti karena menunggu biaya sisa tambahan dari warga tersebut  yang belum dikirim.” ucap Kapolres lagi
Meski demikian lanjut Kapolres,   pihaknya akan terus melakukan penyelidikan secara mendalam, siapa dan dimana orang yang akan memugar makam tersebut, Jika berdasarkan keterangan dari Nita salah seorang juru pemelihara makam tersebut, Membenarkan jika makam Minak Triodiso direhap bukan rusak.”makam ini sedang direhap,  ada orang yang berziarah kesini dan meminta saya untuk membantu merehap makam tersebut. Pembongkaran atap sudah dua minggu yang lalu kita lakukan. Kini terhenti karena menunggu transferan biaya. Mudah-maudahan satu dua minggu rehap selesai” Kata Nita.
Berdasarkan pemantauan,  lokasi cagar budaya makam Minak Triodiso di garis polisi. Sejumlah atap genting terlihat tersusun dipinggiran makam.  (rls/eka)