Kapolres Jamin Perayaan Hari Raya Nyepi Aman

TRANSLAMPUNG.COM, BANJIT – Kapolres Way Kanan AKBP Doni Wahyudi menjamin dan memastikan Perayaan Hari raya nyepi Aman hal itu dikatakan nya saat bersilaturahmi dengan masyarakat Bali yang tergabung dalam organisasi Parisadha Hindu Dharma Kabupaten Way Kanan di Pura Khayangan Tunggal Kampung Bali Sadhar Tengah Kecamatan Banjit Kabupaten Way Kanan, Selasa Malam (13/3).

Pada kesempatan itu Kapolres Way Kanan menyampaikan mendukung dan menjamin keamanan kegiatan umat hindu dalam perayaan hari suci nyepi yang akan berlangsung selama 4 Hari dimulai dari tanggal 14-17 maret 2018, dalam kegiatan tersebut ada empat rangkaian upacara yang dilaksanakan yaitu upacara melasti, Tawur Kesanga dan Pengerupuk, nyepi dan Ngembak Geni.

Selama pelaksanaan rangkaian Hari Raya nyepi Polres WayKanan menerjunkan sebanyak 100 personil dalam menjaga keamanan dan ketertiban  masyarakat di wilayah tersebut.

AKBP Doni Wahyudi juga menambahkan saat ditinggal dalam kegiatan nantinya jajarannya akan tetap melaksanakan patroli keliling secara berkelanjutan pada jam-jam tertentu yang disinyalir rawan terjadi tindak kejahatan atau kriminalitas.

“Dihimbau kepada masyarakat supaya memastikan keadaan rumah aman saat ditinggalkan, diharapkan ada yang menunggu Rumah, selain itu, terkait berita hoax sudah tentu kita anti hoax agar tidak terjadi terpecah belah sesama umat beragama,” ujar AKBP Doni.

Di tempat yang sama Ketua Parisadha Kabupaten Way Kanan I Nyoman Karinu mengucapkan terimakasih atas kepedulian Pemerintah Kabupaten Way Kanan dan Polres Way Kanan atas kehadirannya dalam rangka merayakan Brata Penyepian.

”Ada dua Kecamatan yang mayoritas masyarakatnya umat hindu terbanyak di Kabupaten Way Kanan yaitu kecamatan Banjit dan Negeri Agung dengan jumlah lebih kurang 2.000 orang, melalui organisasi Parisadha Hindu Dahrma. umat hindu di Bumi Ramik Ragom dapat hidup berdampingan dengan pemeluk agama lainnya dan menjalankan kegiatan keagaman dengan baik, kami juga umat hindu menolak berita hoax di Kab. Way Kanan serta NKRI harga mati,” Jelas I Nyoman Karinu.

Selain Kapolres Way Kanan, AKBP Doni Wahyudi, acara tersebut juga dihadiri Ketua Parisadha Hindu Dahrma Way Kanan I Nyoman Karinu, Pj Kepala Kampung Bali Sadhar Tengah Zaidan, tokoh masyarakat I Wayan Lamak, tokoh agama Hindu Kampung Bali Selatan, Tengah dan Utara dan tokoh pemuda Bali Sadhar. (Yhs/mgo/hkw)

News Reporter