Kapolda Lampung Pimpin Upacara Hari Lahir Pancasila di Mesuji

TRANSLAMPUNG.COM, MESUJI – Kapolda Lampung Irjen Pol. Suntana menjadi inspektur upacara peringatan Hari Lahir Pancasila di halaman Mapolres Mesuji, Jumat (01/06/2018). Upacara tersebut dihadiri oleh Bupati Mesuji Khamami, Wakil Bupati Mesuji Saply, Kapolres Mesuji AKBP Edi Purnomo, Ketua DPRD Kabupaten Mesuji Fuad Amrulloh, Perira Penghubung Kodim 0426/Tulang Bawang Mayor Arh. Wahyudi, para kepala OPD Pemkab Mesuji, serta diikuti oleh anggota Polres Mesuji, prajurit TNI, pegawai negeri sipil, kepala desa, dan kepala sekolah.

Kapolda Lampung dalam amanatnya membacakan sambutan tertulis Presiden RI menyampaikan bahwa sebentar lagi bangsa Indonesia akan merayakan HUT Kemerdekaan RI yang ke-73 dan selama 73 tahun pula Pancasila sudah menjadi Bintang Pemandu Bangsa Indonesia, yang bertahan dan tumbuh di tengah deru ombak ideologi-ideologi lain yang berusaha menggesernya.

“Selama 73 tahun pula Pancasila sudah menjadi rumah kita yang ber-Bhinneka Tunggal Ika yang Insha Allah sampai akhir zaman Pancasila akan terus mengalir di denyut nadi seluruh rakyat Indonesia,” katanya.

Lebih lanjut, ia menyampaikan, Pancasila merupakan berkah yang indah yang diberikan Tuhan Yang Maha Esa kepada kita melalui para Founding Fathers Indonesia, dan pertama kali diuraikan secara jelas oleh Bung Karno pada tanggal 1 Juni 1945 dimana Pancasila telah berperan sebagai falsafah serta dasar negara yang kokoh sebagai fondasi dibangunnya Indonesia yang bersatu, berdaulat, adil, dan makmur.

“Saya mengajak seluruh komponen bangsa untuk bersama-sama mengamalkan Pancasila dalam keseharian, semangat bersatu, berbagi dan berprestasi akan meneguhkan derap langkah dalam membawa Indonesia menuju negara yang maju dan jaya,” ucapnya.

Seperti diketahui, setiap 1 Juni diperingati sebagai Hari Lahir Pancasila berdasarkan Keputusan Presiden Nomor 24 Tahun 2016. Pada tahun ini, peringatan Hari Lahir Pancasila mengusung tema “Kita Pancasila, Bersatu, Berbagi, Berprestasi”.(*)

News Reporter