. . .

Kapolda Apresiasi dan Kukuhkan Pokdar Kamtibmas Tanggamus dan Pringsewu

image_print
TRANSLAMPUNG.COM, TANGGAMUS – Kepolisian Resor Tanggamus dan seluruh polsek jajaran dua kabupaten, menyambut kedatangan Kapolda Lampung Inspektur Jenderal Drs. Purwadi Arianto, M.Si. beserta Ketua Bhayangkari dan rombongan.

Selain meninjau langsung kondisi Polres Tanggamus, pucuk pimpinan Korps Bhayangkara di Lampung itu juga berdialog dengan Bupati Tanggamus Hj. Dewi Handajani, S.E., M.M., Bupati Pringsewu Hi. Sujadi Saddat beserta Forkopimda dua kabupaten. Kemudian melantik perwakilan Kelompok Sadar Keamanan dan Ketertiban Masyarakat (Pokdar Kamtibmas).

Rabu (7/11) sekitar pukul 10.45 WIB, Kapolda Lampung beserta rombongan tiba di Mapolres Tanggamus. Mereka disambut langsung Kapolres Tanggamus AKBP I Made Rasma, S.I.K., M.Si. beserta Ketua Bhayangkari Tanggamus dan seluruh Pejabat Utama polres. Sebelum melangkah ke halaman mapolres, kapolda dan istri dikalungi untaian bunga oleh para polisi cilik diiringi lagu sambutan. Derap langkah Irjen Pol Purwadi Arianto masuk ke halaman mapolres, juga diiringi Tari Sigekh Pengeuten. Selanjutnya rombongan disambut jajaran Forkopimda Tanggamus dan Pringsewu.

Selain meninjau dan menemui Anggota Polri yang mengabdi di Tanggamus dan Pringsewu, Kapolda Lampung yang baru dilantik beberapa waktu lalu oleh Kapolri Jenderal Tito Karnavian, juga membawa misi lain. Yaitu bertemu langsung dengan masyarakat sipil namun sangat berjasa membantu Polri dalam menjaga keamanan dan ketertiban. Mereka adalah masyarakat yang tergabung dalam Pokdar Kamtibmas.

I Made Rasma menerangkan, Pokdar Kamtibmas yang dikukuhkan Kapolda Lampung berjumlah 150 orang. Terdiri dari jajaran perwakilan 15 kepolisian sektor di wilayah Kabupaten Tanggamus dan Kabupaten Pringsewu.

“Sebab Polres Tanggamus memang masih membawahi dua wilayah kabupaten. Setiap polsek memiliki 10 orang Anggota Pokdar Kamtibmas. Empat perwakilan Pokdar Kamtibmas ini, akan dikukuhkan langsung oleh Bapak Kapolda Lampung,” ujar kapolres.

Kapolda Purwadi Arianto mengawali sambutannya dengan mengucapkan terima kasih pada Polres Tanggamus dan polsek jajaran atas kesiapan dan pemyambutannya. Ucapan terima kasih berikutnya, ditujukan pada anggota Pokdar Kamtibmas Tanggamus dan Pringsewu. Menurut kapolda, pokdar kamtibmas berperan sangat besar dalam membantu menciptakan keamanan dan ketertiban.

“Terima kasih telah membantu Polres Tanggamus dan polsek jajaran dalam menciptakan kondisi aman, damai, dan kondusif,” tutur mantan Waka Polda Metro Jaya itu.

Terciptanya kamtibmas itu, kata Purwadi Arianto, sangat penting dan sangat diharapkan masyarakat. Sebab kebutuhan dasar yang harus dipenuhi adalah kebutuhan sandang, pangan, dan papan. Berikutnya adalah pemenuhan kebutuhan aktualisasi diri dan pengakuan. Dan terakhir adalah kebutuhan terhadap rasa aman dan nyaman.

Untuk menciptakan kebutuhan kamtibmas tersebut, kapolda berharap, Pokdar Kamtibmas Tanggamus dan Pringsewu serta Lampung, memiliki keterampilan dan pengetahuan guna lebih meningkatkan kamtibmas tersebut.

“Setidak-tidaknya Saudara-Saudari mengetahui keterampilan untuk menciptakan keamanan di lingkungan masing-masing. Dan rekan Saudara-Saudari adalah Polri dan TNI. Semuanya akan membantu dalam bidang kemanan itu sendiri,” ujar kapolda.

Bertepatan dengan akan dilaksanakannya Pemilihan Presiden dan Pemilihan Legislatif 2019 mendatang, Purwadi Arianto juga menyampaikan pesan khusus. Terlebih, agenda perwujudan demoktasi itu akan dilaksanakan serentak mulai dari wilayah perkotaan hingga daerah pelosok. Maka pasti akan menyita cukup banyak waktu.

“Setidak-tidaknya jika belum bisa berbuat, dapat menginformasikan. Kalau tidak bisa menginfromasikan, minimal mengkoordinasikan. Sehingga keamanan dan masalah sosial serta nuansa politik di wilayah binaan pokdar kamtibmas dapat diselesaikan secara bersama-sama,” kata kapolda berpesan.

Pada kesempatan itu, Kapolda Lampung juga mengingatkan agar masyarakat tidak bermain hakim sendiri. Terutama bila menemukan sesuatu tindak kejahatan. Dalam kondisi seperti itu, masyarakat diminta melibatkan/melaporkan/berkoordinasi dengan Polri maupun TNI yang berada di wilayahnya.

“Semua elemen harus saling merajut, saling mengisi. Sekali lagi selamat kepada Saudara-Saudari yang telah dikukuhkan sebagai Pokdar Kamtibmas Tanggamus dan Pringsewu. Semoga mendapatkan anugrah, kemudahan, dan perlindungan dari Allah SWT,” tandas kapolda. (ayp)