Kapolda: Amankan Kotak Suara

0
623
views

TRANSLAMPUNG.COM – Kapolda Lampung Irjen Sudjarno menginstruksikan jajarannya untuk mengamankan kotak suara di seluruh kecamatan di Tulangbawang dan mengawal ketat proses penghitungan suara di tingkat KPU.

Bahkan, Kapolda sempat membubarkan ratusan massa di kantor Kecamatan Menggala yang digunakan sebagai kantor panitia pemilihan kecamatan (PPK) kemarin siang. Kedatangan Kapolda bersama pejabat polda pada Kamis siang untuk melihat kondisi kantor PPK yang diduga sempat terjadi kericuhan pada Rabu malam.

Dimana, terjadi insiden pembukaan berkas suara dari TPS yang dikirimkan ke PPK. Melihat kondisi berkas surat suara dibuka tanpa pleno, ratusan massa pendukung pasangan nomor urut 3, Winarti dan Hendriwansyah langsung melakukan penjagaan di kantor Camat Menggala. Ratusan massa ini berharap tidak ada tindakan kecurangan pengurangan suara dari masing-masing TPS.

Kapolda juga langsung memeriksa ruang penyimpanan kotak suara di ruang kantor Kecamatan Menggala dan melihat kunci segel pada kotak suara. Setelah itu ia meminta massa dari salah satu pasangan membubarkan diri dari Kantor Kecamatan Menggala. Sementara aksi massa ini dipicu lantaran adanya dugaan kecurangan oleh oknum PPK.

Sementara itu, Irjen Sudjarno saat pemantauan di kecamatan Menggala mengatakan pihaknya mengambil beberapa contoh tempat untuk mengecek hasil terkini. “Karena kita tau bahwa kemarin pencoblosan dan seluruh surat suara sekarang sudah berada di PPK. Walaupun sebagian masih ada yang diperjalanan karena kondisi geografis,” ucapnya.

Untuk kondisi terkini di kecamatan Menggala yang dipantaunya, Ia mengungkapkan seluruh hasil yang dari TPS telah sampai di PPK. “Dalam kondisi terkumpul dan diamankan oleh anggota Polri 24 jam,” ungkapnya seperti dilansir dari radarlampung.co.id (grup translampung.com).

Mantan Wakapolda Metrojaya tersebut menyatakan, untuk kondisi keseluruhan di lima kabupaten yang menyelenggarakan Pilkada masih terpantau kondusif “Secara umum di lima kabupaten sampai detik ini, Alhamdulillah berjalan kondusif bahkan sangat kondusif dan tidak ada kejadian kejadian yang signifikan yang terjadi. Sekarang tinggal kita konsentrasi mengamankan dokumen kotak suara yang berada di PPK,” terangnya.

Irjen Sudjarno menambahkan, jika ada pihak pihak yang mengambil kesempatan, membongkar dan mencuri kotak suara, pihaknya akan bertindak tegas. “Kalau ada akan kita usut, kan masih ada unsur Panwaslu. Kita tidak berharap ada kejadian seperti itu, semua yang sudah terkumpul di PPK menjadi tanggungjawab Polri dan teman teman dari TNI pengamanannya,” tandasnya. (rnn/cw7/c1/kyd)