Kanit Tipikor: Ancaman Minimal 4 Tahun Maksimal 20 Tahun Penjara, Ini Pasalnya

0
529
views
'TAMU' BARU SEL MAPOLRES: Inilah situasi saat IW dan MS diputuskan untuk ditahan di Ruang Tahanan Mapolres Tanggamus, setelah sebelumnya diperiksa intensif sebagai tersangka oleh Tim Penyidik Unit Tipikor Satreskrim Polres Tanggamus. (Foto: AYP)

translampung.com, KOTAAGUNG – Tim Penyidik Unit Tindak Pidana Korupsi Satuan Reserse Kriminal Polres Tanggamus seakan tak gentar menanggapi tudingan dan upaya hukum pengacara IW, MS, dan SF.

Kanit Tipikor Ipda. Ramon Zamora, mendampingi Kasatreskrim AKP Hendra Saputra, mempersilakan upaya hukum dari pengacara tersangka.

“Silakan ajukan saja. Kami harus hormati (upaya itu). Sebab itu adalah hak dari para tersangka sebagai Warga Negara Indonesia,” kata Ramon, mewakili Kapolres Tanggamus AKBP Alfis Suhaili.

Atas perbuatannya, Ramon melanjutkan, para tersangka terancam dijerat Pasal 12 huruf e Undang Undang Nomor 31 Tahun 1999 sebagaimana diubah Undang Undang Nomor 20 Tahun 2001 l, tentang Undang-Undang Pidana Korupsi jo Pasal 55 Ayat 1 ke-1 KUHPidana.

“Dengan ancaman minimal 4 tahun dan maksimal 20 tahun penjara atau denda minimal Rp200 juta dan maksimal Rp1 miliar,” beber Ramon pada translampung.com.

Untuk diketahui, kasus ini diawali saat Tim Saber Pungli Polres Tanggamus yang dipimpin Wakapolres Kompol Budhy Setyadi berhasil menangkap SF dalam operasi tangkap tangan (OTT) pada Jumat (18/8) lalu. Kemudian menetapkan SF sebagai tersangka.

Dalam perkara ini, SF sebagai kolektor diperintah IW dan MS meminta dana Rp7,5 juta dari setiap pekon di bawah naungan APDESI Kecamatan Pugung. Dari OTT terhadap SF, Tim Saber Pungli Tanggamus berhasil menyita barang bukti uang tunai yang telah terkumpul dari beberapa pekon sebesar Rp62.500.000.

Apabila terkumpul semua dari 27 pekon yang ada, maka akan terkumpul dana sebesar Rp202,5 juta. Berdasarkan hasil pengembangan dan gelar perkara terhadap SF, polisi menetapkan dua tersangka baru yaitu IW yang merupakan Ketua APDESI berikut MS sebagai Sekretaris APDESI Kecamatan Pugung. (ayp)