Kang TB Puji Rencana Jokowi Gunakan OKI Hadang Klaim Trump

TRANSLAMPUNG.COM, JAKARTA – Wakil Ketua Komisi I DPR TB Hasanuddin menilai Presiden Joko Widodo (Jokowi) sudah melakukan langkah tepat dalam merespons pernyataan Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump yang mengklaim Yerusalem sebagai ibu kota Israel. Rencana Jokowi menggalang dukungan negara-negara anggota Organisasi Kerja Sama Islam (OKI) menghadang keputusan AS pun merupakan langkah yang patut didukung.

“Keputusan Presiden Jokowi menunjukan bahwa pemerintah Indonesia berkontribusi dalam menyelesaikan konflik di Timur Tengah yang semakin panas, ditambah pernyataan Trump belakangan ini menimbulkan permasalahan baru,” ujar Hasanuddin di Jakarta, Jumat (8/12).

Legislator PDI Perjuangan itu menambahkan, Indonesia sejak kepemimpinan Presiden Soekarno sudah berkomitmen untuk mendukung kemerdekaan Palestina. Bahkan, sambung pensiunan TNI yang akrab disapa dengan panggilan Kang TB itu, Pembukaan UUD 1945 juga mengamanatkan Indonesia untuk menentang segala bentuk penjajahan dalam bentuk apa pun, termasuk perilaku Israel terhadap Palestina selama ini.

Karena itu Hasanuddin menegaskan, seharusnya Presiden Trump juga menyadari bahwa AS sebagai Dewan Keamanan PBB bisa menciptakan perdamaian dunia tanpa melakukan provokasi. “Karena pernyataan Trump itu justru bertentangan dengan rekomendasi dan aturan internasional,” tutur mantan sekretaris militer kepresidenan itu.

Sebelumnya pernyataan sepihak Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump yang mengakui Yerusalem ibu kota Israel beberapa waktu lalu yang menuai banyak kecaman dan protes. (jpg/hkw)

News Reporter