Kamis umat Islam sudah Puasa, Kemenag Lamsel Tetapkan Ramadhan 1439 H.
TRANSLAMPUNG.COM, KALIANDA – Kantor Departemen Agama (Kemenag) Kabupaten Lampung Selatan, tetapkan bulan Ramdhan 1439 H atau bulan puasa pada Hari Kamis (17/5/2018) lusa.
“Penetapan hari dan tanggal bulan puasa tersebut, berdasarkan penghitungan rukyat (Penghitungan tanggal dan hari), atau hitungan secara kalender nasional,” kata Kepala Kemenag Lamsel, Sukandi saat ditemui Translampung.com dikantornya, Selasa (15/5/2018).
Untuk penghitungan secara Hisab atau melihat  terbitnya awal bulan Ramadhan, lanjut Sukandi, akan dilakukan di tempat teropong bintang yang berada di Desa Canti, Kecamatan Rajabasa pada jam 6 Wib sore nanti.
“Nanti kami akan melihat Hisab pada jam 6 sore, yang akan dilakukan bersama Kemenag Provinsi Lampung,” kata dia.
Penghitungan secara Rukyat dan Hisab, ditambahkan dia tidak akan jauh berbeda baik itu hari mapun tanggalnya. Oleh karena itu, masyarakat dihimbau tidak perlu merasa khwatir dan mempersoalan hal ini. Sebab, nanti secara resmi akan diumumkan oleh Pemerintah RI melalui Kementerian Agama secara langsung melalui media Televisi dan media sosial lainya.
“Insyallah pada hari Kamis (17/5) lusa, umat Islam sudah berpuasa. Kita tinggal menunggu pengumuman secara resminya saja dari Kementrian Agama,” ujar dia.(JOHAN)
News Reporter