Kamis, Bangunan Bongkar Muat Koperasi Mitra Mikro Mina, Gudang Lelang, Kangkung, Telukbetung Utara Bakal Ditertibkan

0
381
views

Pemerintah Kota (Pemkot) Bandarlampung akan melakukan penertiban kepada bangunan bongkar muat milik Koperasi Mitra Mikro Mina, Gudang Lelang, Kangkung, Telukbetung Utara.

Penyebabnya bangunan semi permanen yang berdiri diatas tanah reklamasi seluas lima kali delapan meter itu hingga kini tak memiliki Izin Mendirikan Bangunan (IMB). Effendi Yunus, Kepala Dinas Tata Kota (Distako) membenarkahn hal tersebut. Ia juga mengatakan penertiban akan dilakukan pada Kamis (28/4).

Distako juga akan menggandeng Badan Polisi Pamong Praja (Banpol PP) Bandarlampung untuk melakukan pembongkaran terhadap fisik bangunan. Menurut Yunus, selain tak berizin, bangunan tersebut juga dilengkapi dengan fasilitas Tempat Pelelangan Ikan (TPI).

Yunus mengatakan hal ini tidak diperbolehkan lantaran di tempat yang sama juga sudah berdiri TPI milik KUD Mina Jaya. “Ya ga boleh dua-dua dong. Makanya dalam waktu dekat bangunan itu akan kami bongkar,” katanya, Senin (25/4) melalui sambungan telpon.

Di tempat yang sama Wakil Ketua Koperasi Mitra Mikro Mina, Taufik Hidayat mengaku keberatan dengan rencana pembongkaran itu. Menurutnya seluruh bangunan sttasiun lelang dibangun hasil swadaya nelayan dan koperasi.

Jika sampai dibongkar, tentu tindakan tersebut dinilai merugikan. Apalagi bangunan tersebut baru berdiri selama dua bulan. Menurut Taufik selama ini bangunan tersebut diperuntukan bagi nelayan. Saat ini terdapat sekitar 50 nelayan cantrang dan dogol yang menjadi anggota koperasi dan melakukan bongkar muat di lokasi itu.

Menurutnya selama ini Distako memang sudah memberikan surat teguran dan undangan untuk mediasi sebanyak tiga kali. “Tapi ketua kami sibuk, sehingga sampai 3 kali teguran, tidak juga hadir. Sekarang Pemkot mau langsung bongkar, kami jelas keberatan,” katanya. (jefri)

LEAVE A REPLY