Kadisdik Lampung Buka Seminar

TRANSLAMPUNG.COM, BANDARLAMPUNGTidak jarang para guru serta orangtua dituntut untuk mempelajari karakteristik anak ketika akan menerapkan sistem belajar di sekolah dan di rumah. Namun, hal itu bukan lah perkara mudah.

Kali ini, Radar Lampung berkejasama dengan Universitas Katolik (Unika) Atma Jaya, Jakarta, menyelenggarakan Seminar Reinventing Sistem Pengajaran di Tengah Percepatan Teknologi, di Ballroom Hotel Emersia, Sabtu (4/2) mendatang. Dengan menghadrikan Agatha Novi Ardhiati M.Psi. Psikologi (Dosen Unila Atma Jaya Jakarta), sebagai pemateri dalam seminar tersebut.

Manager Event Organizer (EO) Radar Lampung Liris Vawina menjelaskan, seminar ini mengajak orangtua, guru, maupun pemerhati pendidikan menengah untuk menelisik lebih jauh karakteristik yang khas pada siswa yang termasuk dalam generasi Y.

“Pemahaman ini juga dapat membantu dalam mempersiapkan orangtua dan institusi pendidikan untuk mendampingi siswa generasi Z yang akan mulai ditemui di jenjang SMU dalam waktu 2-3 tahun mendatang,” katanya.

Ia melanjutkan, dalam kegiatan ini juga nantinya akan dihadiri oleh Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Provinsi Lampung Sulpakar. “Kita sudah berkoordinas dengan Disdikbud Provinsi Lampung, dan pak Sulkpakar telah bersedia untuk ikut hadir dan membuka kegiatan seminar ini,” katanya.

Sekitar 10 tahun yang lalu, Institusi pendidikan setingkat SMU mulai merasakan kehadiran siswa-siswa didik dengan karaketristik yang berbeda dengan siswa-siswa pada tahun-tahun sebelumnya. Karakteristik yang seringkali dikaitkan dengan siswa-siswa tersebut yakni kemahiran dalam teknologi dan dunia digital.

Namun demikian, sekalipun penguasaan teknologi dan dunia digital tersebut tampil dalam perilaku yang dapat teramati, ada sejumlah karakteristik psikologis yang khas dan turut memengaruhi proses mereka dalam belajar.

“Pemahaman mengenai karakteristik siswa-siswa yang termasuk ke dalam generasi Y ini dibutuhkan, khususnya untuk membantu dalam mendampingi proses belajar siswa,” katanya.(ega)

News Reporter