Jumlah Pengemis Musiman Turun 30 Persen

0
162
views

Ramadhan 2017

TRANSLAMPUNG.COM, JAKARTA – Selama Ramadan 2017 ini jumlah pengemis atau penyandang masalah kesejahteraan sosial (PMKS) mengalami penurunan sebesar 30 persen.

Kepala Dinas Sosial DKI Jakarta, Masrokhan mengatakan, bahwa anak buahnya telah menjangkau sebanyak 614 pengemis. Mereka yang terjangkau di lima wilayah, yakni Jakarta Pusat, Jakarta Barat, Jakarta Utara, Jakarta Selatan, dan Jakarta Timur.

Menurut Masrokhan jumlah‎ pengemis yang terjangkau di Ramadan 2017 ini lebih kecil di banding tahun sebelumnya, dengan total 1319 orang.

“Jadi memang ada penurunan 30 persen dari awal Ramadan sampai saat ini,” ujar Masrokhan di Jakarta, Selasa (20/6).

Imbuh Masrokhan, penurunan angka pengemis di Ramadan 2017 ini dikarenakan ‎dirinya telah melakukan pemetaan di lima wilayah DKI Jakarta. Terlebih lima wilayah itu telah ada petugas pelayanan pengawasan dan pengendalian sosial (P3S), dengan dibantu oleh Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP).

“Total petugas P3S sebanyak 425 orang,” katanya.

Ungkapnya, ‎425 petugas P3‎S itu tersebar di lima wilayah DKI Jakarta, seperti di jembatan penyebrangan orang (JPO), pasar tradisional, mall, perumahan penduduk dan tempat keramaian lainnya.

Masrokhan pun meyakini sampai berakhirnya Ramadan 2017 ini jumlah pengemis musiman tidak akan naik, lantaran telah ada petugas P3S yang dibantu dengan Satpol PP.

Lebih lanjut dia menambahkan, masyarakat jangan gampang memberi bantuan terhadap pengemis musiman itu. Karena kebanyakan mereka menjadi pengemis hanya memanfaatkan momentum pada saat Ramadan saja.

Kata dia, apabila masyarakat ingin menyalurkan bantuan bisa ke lembaga-lembaga terpercaya dan akuntabel. “Sehingga pem‎berian bantuan itu bisa bermanfaat,” pungkasnya.(jpg)