Jibaku Relawan Menangkan Jokowi

TRANSLAMPUNG.COM, BANDARLAMPUNG — Pilpres yang berbarengan pemilu legislatif masih berbilang bulan, April 2019. Belum ada nama capres-cawapres resmi hingga pendaftaran KPU Agustus mendatang. Namun geliat kerja-kerja relawan pemenangan makin hari kian tak terbendung, tak terkecuali di Lampung.

Di barisan relawan pemenangan bakal capres petahana Presiden Jokowi misal, sederet nama, sebutlah Seknas Jokowi, Pro Jokowi (PROJO), Bara JP, Posko Perjuangan Rakyat (POSPERA), JKW4P, GRI, Jokowi Centre, Bela Jokowi (BeJO), Golkar Jokowi (GoJO,) Bravo-5, Gerakan Rakyat Nusantara (GRN) dan banyak lagi.

Beberapa organ relawan bahkan sudah adu kencang, full-speed merancang target menang. Mulai rekonsolidasi bagi organ lama yang telah hadir sejak Pilpres 2014 lalu, sampai rekrutmen terbuka bagi organ baru yang terus dipacu.

Seperti dilakukan Relawan BeJO Lampung, yang baru saja menggelar konsolidasi dan buka puasa bersama, Sabtu (9/6/2018) lalu. Saat dihubungi melalui jejaring WhatsApp, Senin (11/6/2018), Sekretaris Relawan BeJO Lampung Sudipto membenarkannya.

Menurutnya, hingga kini terkonfirmasi telah ada 10 bakal struktur kepengurusan Relawan BeJO kabupaten/kota se-Lampung, yang secara de facto telah mulai bekerja baik di darat maupun di “udara”, sejak mandat organisasi diterima. “Kami bagi tugas dengan pola kerja per koordinator wilayah,” kata Sudipto, mendampingi Ketua Relawan BeJO Lampung Muhammad Irfandi Romas.

Disinggung metode kerja sosialisasi dan pemenangan Jokowi, pria yang juga pimpinan umum salah satu media daring di Lampung ini menegaskan pendekatan terhadap calon rakyat pemilih dari unsur pemilih pemula (milenial) menjadi target prioritas pemenangan.

“Nah, konsentrasi kerja-kerja pembangunan nasional pemerintahan Jokowi yang tiga tahun terakhir fokus pada sektor infrastruktur dan telah terbukti, nyata hasilnya, bisa mulai dirasakan rakyat, kami jadikan dasar bagi kerja-kerja sosialisasi di lapangan. Proyek jalan tol contohnya,” imbuh Dipto, sapaan akrabnya.

Termasuk, imbuhnya lagi, dalam menghadapi serangan lawan politik Jokowi, maupun dalam menetralisir disinformasi yang cenderung menjurus fitnah serta berita palsu (hoax) yang kerap dialamatkan pada figur Jokowi.

“Relawan BeJO dibekali kiat khusus guna memberi penjelasan yang utuh tanpa ada yang dikurangi atau dilebih-lebihkan. Pesan kami untuk rakyat Lampung, agar tak mudah percaya begitu saja atas berita hoax atau informasi sesat yang cenderung menyudutkan Jokowi.”

“Kami mengajak mari kita dukung, pilihlah presiden yang dekat dengan rakyat, yang telah berhasil membawa bangsa Indonesia ke arah lebih baik. Kami yakin, Jokowi tipe pemimpin ideal, bisa mengayomi rakyat. Sangat santun. Keteladanannya patut dicontoh, satu bukti ya lihat aja kesabarannya menghadapi serangan lawan politik, sangat sabar bukan?” tandasnya.

Senada diungkapkan Ketua DPD Gerakan Rakyat Nusantara (GRN) Lampung Maya Sopha. Menurutnya, Jokowi bukan saja sosok tegas, loyal dan cerdas, namun juga tipe pemimpin yang mau mendengar rakyat bicara, bukan bicaranya yang harus didengar rakyat.

“Arahan Ketum kami jelas. Rapatkan barisan, dukung Jokowi, lanjutkan. Dia (Jokowi) telah memberi perubahan yang nyata,” tegas Maya, saat dihubungi Senin (11/6/2018) malam.

Kini, kata dia, GRN Lampung yang telah berdiri di 15 DPC kabupaten/kota terus bergerak melakukan input data problematika masyarakat dari lingkup terkecil dan dilaporkan berkala ke DPP GRN di Jakarta sebagai bahan masukan.

“Kami bekerja dilandasi semangat persatuan, kekeluargaan dan jalinan silaturahmi tanpa membedakan latar belakang suku, ras, agama, antargolongan, status sosial atau pendidikan.”

“Selama itu satu visi misi, mewujudkan Indonesia sejahtera dan majunya Nusantara, bisa saling memberi saling menerima untuk hal positif, dengan mengedepankan kebhinekaan ayo kita satukan tekad bersama memperjuangkan hak-hak kita,” jelasnya.

Ditanya langkah terdekat pasca-pengukuhan pengurus GRN se-Lampung yang dihadiri Ketua Umum DPP GRN R. Juniono Suhartjahjono di Bandarlampung, Sabtu (9/6/2018) pekan lalu, Maya menargetkan setelah Lebaran GRN fokus mengurus konsolidasi tingkat kecamatan sekaligus sosialisasi pemenangan Jokowi.

“Kami mengajukan Lampung sebagai ikon basis relawan yang peduli masalah rakyat miskin, turun langsung di tengah mereka. Puncaknya nanti kami akan deklarasi dengan menghadirkan Jokowi,” bebernya.

Dicecar motivasi terbesar yang membuatnya begitu berbinar, all out memenangkan Jokowi dua periode, wanita supel ini ber-ode. “Aku mau Indonesia berubah. Dukung Jokowi menjadi presiden kedua kalinya,” singkatnya. (red/mzl)

News Reporter