. . .

Jelang Puasa, Disdag Bandarlampung Sidak 2 Pasar Tradisional

image_print
BANDARLAMPUNG – Guna memastikan kebutuhan pokok di Bandarlampung cukup pada saat bulan puasa Ramadhan  tahun 2018 ini. Pemerintah Kota (Pemkot) Bandarlampung melalui Dinas Perdagangan Kota Bandarlampung melakukan pemantauan di beberapa pasar tradisional yang ada di Bandarlampung.
Pantauan yang dilakukan bertujuan untuk mengetahui stok sekaligus menjaga kesetabilan harga kebutuhan pokok jelang ramadhan 1439 hijriyah.
Kepala Dinas Perdagangan Kota Bandarlampung, Sahriwansyah mengatakan, pantauan yang dilakukan ini guna memastikan persediaa  kebutuhan pokok, sekaligus memantau harga-harga sembako menjelang bulan puasa.
“Sidak yang kita lakukan saat ini, di pasar panjang dan pasar kangkung. Kita sidak bersama dengan tim gabungan dari Pemkot Bandarlampung,” jelas Sahriwansyan, Senin (14/5).
Dia menjelaskan, berdasarkan hasil pantauan di 2 pasar itu, alhamdulilah persediaan dan pasokan bahan pokok cukup. “Untuk sementara harga sembako di dua pasar tradisional yang kita sidak ini, masih stabil dan belum mengalami kenaikan,” jelas dia.
Menurut dia, hanya terdapat perbedaab harga bawang merah dan bawang putih sebesar seribu rupiah. “Perbedaan harga bawang putih dan merah memang ada, antara pasar panjang dan pasar kangkung,” beber dia.
Hal ini dikarenakan, sambung Sahriwansyah, panjangnya saluran distribusi dari distributor ke pedagang pasar panjang.
Kendati demikian, pihaknya berharap, harga sembako tetap stabil pada bulan ramadhan dan hari raya Idul Fitri. “Jika terdapat tidak stabilnya harga sembako. Dinas Perdagangan  akan melakukan operasi pasar, dan kita juga akan terus melakukan pemantauan kestabilan harga di pasar-pasar tradisional dan pasar modern di Bandarlampung,” tutur dia. (jef)