. . .

Jelang Pilkades Serentak, DPMD Rutin Gelar Penyuluhan

image_print

TRANSLAMPUNG.COM, MESUJI – Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Mesuji terus melakukan sosialisasi serta penyuluhan guna mengantisipasi dan meminimalisir terjadinya konflik, dan permasalahan yang rentan terjadi di desa saat pemilihan kepala desa (pilkades) nanti. Seperti yang dilakukan di Desa Bujung Buring, Kecamatan Tanjung Raya, Selasa (22/10).

Kegiatan yang dikemas dalam bentuk Diskusi umum itu berlangsung di Balai Desa setempat, dipimpin langsung Kepala Bidang Bina Pemerintahan dan Kelembagaan Desa, Dinas PMD Mesuji, Marhakim.SP., mewakili Kepala Dinas Sunardi Nyerupa.SE., dengan didampingi Kasi Sosial Budaya dan Sistem Informasi Desa, Jimmi Wiromes, dan para panitia penyelenggara pilkades.

Pada Kesempatan tersebut, pria yang akrab disapa Dongah Akim itu meminta kepada para panitia Pilkades untuk bisa kompak dapat memahami, dan mengerti peraturan, serta tahapan-tahapan pemilihan kepala desa yang akan di laksanakan pada bulan desember nanti.

“Saya juga mengingatkan kepada para panitia Pilkades, untuk teliti dan benar-benar memperhatikan surat suara guna mengantisipasi kecurangan yang rentan terjadi pada saat proses pemilihan nanti,” tegasnya.

Selain itu, pihaknya mengatakan, tujuan dilakukannya sosialisasi ini supaya dapat mengantisipasi konflik dan kekacauan dalam pelaksanaan Pilkades. Mengingat potensi kericuhan akibat aksi-aksi kecurangan yang dilakukan oleh masing-masing calon Kepala Desa, akan sangat rentan terjadi. Sebab, Pilkades merupakan hajat pesta demokrasi yang rentan kendalinya sangat dekat dan bersentuhan secara langsung dengan masyarakat.

Sementara terkait DPT yang juga kerap kali menjadi salah satu faktor penyebab terjadinya konflik maka para panitia harus tau, paham dan tegas dengan peraturan-peraturan DPT yang benar, berdomisili di desa tersebut se kurang-kurangnya 6 bulan sebelum pemilihan dibuktikan dengan identitasnya.

“Panitia penyelenggara di minta tegas dan kompak dengan memiliki dokumen yang harus dipertahankan untuk meminimalisir terjadinya permasalahan-permasalahan pada saat pelaksanaan Pilkades nanti,”Tandasnya. (Nara)

error: Content is protected !!