Jaga Kebersihan, Aktif Pada Jum’at Bersih

TRANSLAMPUNG.COM, BANDARLAMPUNG-Pasca Banjir identik dengan banyaknya penyakit yang mewabah, untuk mengantisipasi terjadinya mewabahnya penyakit pasca banjir, Kelurahan Batang Wangi, Kecamatan Tanjung Senang, Bandarlampung bersinergi dengan masyarakat untuk membersihkan lingkungan sekitar.

Lurah Batang Wangi, Patoni Ardiansyah menjelaskan, bahwa memang banjir kemarin menyisakan bibit penyakit, seperti demam berdarah maupun penyakit kulit atau gatal-gatal. Untuk itu Patoni menyarankan warga yang mengalami sakit gatal-gatal agar segera memeriksakan kesehatannya ke Puskesmas terdekat.

“Saya sudah menyarankan kepada warga untuk memeriksakan kesehatannya ke Puskesmas terdekat atau Puskesmas pembantu, selain itu saya juga menyarankan untuk meminta Obat Abate ke Puskesmas dan itu gratis, untuk mencegah berkembangnya jentik-jentik nyamuk,” ujar Patoni kepada Trans Lampung di ruang kerjanya, Rabu (1/3).

Dia juga mengatakan, bahwa di Kelurahan terdapat kegiatan rutin yang disebut “Jum’at Bersih”, kegiatan tersebut melibatkan staf Kelurahan dan juga warga Batang Wangi untuk bersih-bersih disekitar Kelurahan.

“Kami ada kegiatan rutin yaitu Jum’at Bersih. Saya dan seluruh staf beserta warga membersihkan selokan, rumput, dan sampah yang bercecer dijalan. Itu sebagai pencegah penyakit datang, termasuk mencegah datangnya wabah Demam Berdarah,” jelasnya.

Patoni juga mengimbau kepada para developer agar pada setiap proyek pembangunannya juga memperhatikan drainasenya.

“Saya harap kepada para pengembang juga harus memperhatikan saluran drainasenya, jangan nantinya bermasalah dengan saluran,” harapnya.(hkw)

Caption foto: Lurah Batang Wangi, Patoni Ardiansyah

News Reporter