. . .

Jadi Percontohan, Pemkot Segera Luncurkan Program Perizinan Secara Online

image_print

Sekretaris Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Satu Pintu (DPMPTSP) Kota Bandarlampung, A.Fachrudin saat memberikan keterangan kepada Media

TRANSLAMPUNG.COM, BANDARLAMPUNG – Pemerintah Kota (Pemkot) Bandarlampung kembali membuat terobosan dalam bidang pelayanan kepada masyarakat. Kali ini dibidang perizinan. Pemkot Bandarlampung rencananya dalam waktu dekat akan meluncurkan program perizinan secara online.

Menurut Sekretaris Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kota Bandarlampung, A. Fachrudin, pelayanan yang akan diberikan nantinya semua dilakukan secara online.

Pelayanan perizinan secara online ini, kata dia, berdasarkan masukan dari KPK yang tujuannya untuk menghindari adanya praktek Pungutan Liar (Pungli). Selain itu juga, untuk mempermudah warga dalam mengurus segala macam jenis perizinan.

“Rencananya perizinan online ini akan mulai di lonching pada Rabu (17/10) mendatang. Tapi, secara teknis pada hari ini (Senin, red) masyarakat sudah bisa menggunakan perizinan secara online, cukup buka webside perizinan kita di https://dpmptsp.bandarlampungkota.go.id/, dan banyak menu piliha  pada webside ini, termasuk potensi-potensi penanaman modal di Kota Bandarlampung,” jelas Fachrudin, Jumat (12/10).

Untuk persiapannya, lanjut dia, saat ini semua perangkat maupun SDM yang dibutuhkan sudah 90 persen. “Sekarang kita lagi mengejar data investasinya, jadi nanti akan kita muat secara keseluruhan, termasuk dasar hukum dan jenis-jenis perizinannya,” beber dia.

Mengenai SOP (Standard Operasional Prosesural) secara otomatis akan berubah semua. Tapi, sistem ini tentunya tracking dokumen bisa lebih cepat, karena terhubung langsung ke OSS (Online Single Submission).

“Sistem online yang kita lakukan ini, menduplikasi sistem pelayanan yang telah diterapkan oleh Kota Deli Serdang. Dan untuk sekarang Kota Bandarlampung menjadi Pilot Project diwilayah Lampung maupun Sumatera,” beber dia. (jef)