. . .

Jabatan Wabup Kosong, Loekman Tetap Bisa Jalani Tugas Pemerintahan dengan Baik

image_print

TRANSLAMPUNG.COM, GUNUNGSUGIH – Bupati Lampung Tengah (Lamteng) Loekman Djoyosoemarto masih menunggu usulan calon Wakil Bupati (Wabup) dari partai pengusung. Kendati belum ada usulan, hal itu tidak berdampak terhadap pelaksanaan tugas Bupati sehari-hari.

Kepada Radar Lamteng, Loekman Djoyosoemarto menyatakan bahwa usulan calon Wabup bergantung pada partai koalisi pengusung. “Sampai sekarang belum ada usulan dari partai pengusung. Pengajuan calon Wabup tergantung pandangan dari partai koalisi perlu atau tidak. Kalau dianggap tidak perlu artinya mereka mempercayakan kepada kita (untuk menentukan calon, red),” kata Loekman, Selasa (16/10).

Sejauh ini, Loekman masih tetap melaksanakan tugas dengan baik sebagai Bupati. Karena baginya, hal terpenting dan harus tetap dilakukan yakni melaksanakan tugas kedinasan dan menghandle permasalahan yang ada dengan maksimal. Kemudian tugas Bupati juga didukung dengan bantuan dari Organisasi Perangkat Daerah (OPD) yang ada.

Mengenai peran dan tugas Wabup, sempat disinggung Loekman. Menurutnya, dari pengalaman yang ada tugas dan kewenangan Wabup sangat terbatas. Sehingga, meski belum terisi jabatan Wabup tidak terlalu berpengaruh besar terhadap tugas yang harus diemban Bupati.

“Seperti sekarang ini dapat dilihat ada ketimpangan atau tidak ? Semua berjalan dengan baik,” sebut Loekman.

Hanya saja ia memberikan sinyal mengenai kriteria calon Wabup yang akan mendampinginya. Salah satunya adalah sejalan dengan visi dan misi Bupati. “Partai pengusung kalau mau mengajukan hendaknya menyesuaikan dengan karakter dan gerak langkah kita. Jangan sampai tidak sejalan dengan Bupatinya,” ujarnya. (jar)