Warning: mysqli_real_connect(): Headers and client library minor version mismatch. Headers:50559 Library:100131 in /var/www/vhosts/translampung.com/public_html/wp-includes/wp-db.php on line 1531 Itjen Kementan Ajak Petani Genjot Panen Padi -
Itjen Kementan Ajak Petani Genjot Panen Padi

METRO – Inspektur I Inspektorat Jenderal Kementrian Pertanian (Kementan) Republik Indonesia (RI) Susanto, mengajak petani yang berada di wilayah Kabupaten Lampung Tengah, Lampung Timur dan Kota Metro untuk memaksimalkan lahan pertanian untuk menggenjot hasil panen.

Mengingat saat ini terjadi ketimpanan antara jumlah lahan pertanian dan produksi padi dengan kebutuhan akan beras.

Hal itu yang dipaparkan Susanto dalam kegiatan, “Evaluasi LTT Padi Sawah Bulan April sampai dengan September 2018” di Aula Makodim 0411/LT, yang dihadiri Dandim 0411/LT Letkol CZI Burhanudin, Kadis Pertanian Lamteng, Metro dan Lamtim, serta segenap penyuluh.

Menurutnya Lampung salah satu sentra produksi beras di Indonesia, maka perlu maksimalisasi hasil pertanian dari para petani, karena mengingat lahan pertanian di Indonesia kian berkurang.

“Karena beras komoditas yang strategis di Indonesia, masyarakat Indonesia pemakan beras juga. Kita genjot dengan perluas tanam,” katanya, Kamis (24/5/2018).

Susanto menambahkan, masalah air akibat rehab irigasi juga menjadi fokus penyelesaian masalah. “Terkadang waktu tidak sesuai tanam di lapangan, tanam jadi mundur karena adanya rehab irigasi. Kami akan mendampingi petani,” katanya.

Menurut dia saat ini adalah musim tanam padi. “SK gubernur sebelumnya rotasi musim tanam adalah padi-palawija-padi saat ini menjadi padi-padi-palawija,” katanya.

Letkol CZI Burhanudin, selaku Dandim 0411 menghimbau kepada jajaran yang menangani pertanian untuk terus membantu petani dan selalu meningkatkan koordinasi dengan petani agar meraih panen maksimal. (suf)

News Reporter