Itet Tridjajati Sumarijanto: Mari Membangun dari Desa

Segar, terlihat muda. Memang usia tak bisa bohong tapi semangat juga memiliki nilai lebih. Nah, itu terlihat di Itet Tridjajati Sumarijanto saat saya bertemu dengannya di rumah tetangga tak jauh dari Graha Trans Lampung. Lah kok bisa. Ternyata tetangga saya itu kawan karibnya sejak jaman SD.

Soal semangat ini rasanya saya kalah deh. Bayangkan rute yang dilaluinya untuk melihat konstituennya itu luar biasa panjang. Capek banget. Nah Bunda Itet sapaan akrabnya ini terlihat enjoy aja.

Nah, Kalo ngobrol gayeng banget. Enak dan renyah. Sosok wanita pencinta seni tari ini memang luar biasa. Rasa ingin terus menggelorakan semangat untuk membangun terus terlontar dari setiap kata-kata yang diucapkannya.

”Mas Komar di usia seperti saya ini harapanya cuma satu agar hidup saya berarti untuk sesama. Dah itu saja. Mimpi saya agar masyarakat desa itu mampu mandiri menjadi hal indah buat saya,” terangnya bersemangat.

Saya tahu saat saya datang beliau baru saja istirahat. Kembali saya harus merasa malu dengan semangatnya. ”Ayo mas Komar kita gelorakan semangat membangun dari desa. Karena desa ini menjadi lokomotif nantinya dalam pembangunan negara. Saya yakin jika semua mau bersatu padu membangun desa, maka bisa dipastikan Indonesia akan cepat maju,” paparnya.

Itet Tridjajati Sumarijanto, atau biasa dipanggil Itet, lahir di kota santri Tasikmalaya, Jawa Barat, Indonesia. Wanita kelahiran 22 oktober 1946 sempat tinggal di kota Lampung dan menamatkan pendidikan tingkat menengah di SMAN 1 Tanjung Karang, Lampung pada 1965.

Itet kemudian memilih melanjutkan pendidikan tinggi bidang sastra di Universitas Indonesia. Pendidikan pascasarjana ditempuh di Sydney, Australia dengan spesilisasi Expert Medical Record – Medical Record Administrator (MRA) pada 1969. Pada 1992, ia juga berhasil meraih gelar Master of Business Administration di LPPM.

Wanita berbintang Libra ini memulai karir dan ketertarikannya di bidang politik dengan bergabung dalam salah satu partai politik terbesar di Indonesia, PDI Perjuangan. Keaktifannya selama dalam partai menjadi batu loncatan untuk terus berkecimpung di level politik yang lebih tinggi

Itet menjadi anggota DPR RI 2009-2014 sebagai Pengganti Antar Waktu (PAW) untuk Erwin Tunggul Setiawan Situmorang (komisi IX). Itet menempati komisi IX. Itet mendapat perolehan suara terbanyak ke dua untuk dapil Lampung II. Itet kembali terpilih menjadi anggota DPR 2014-2019 dari dapil yang sama dengan perolehan suara 40.203 suara. (bersambung)

News Reporter