. . .

Itet Tridjajati Sumarijanto: Ketahanan Keluarga Kuncinya Ada di Perempuan

image_print

TRANSLAMPUNG.COM, METRO – Pemberdayaan perempuan yang nyata agar menciptakan perempuan ataupun ibu rumah tangga yang berdayaguna selalu dilakukan oleh Itet Tridjajati Sumarijanto Anggota DPR RI Komisi VIII.

Itet Tridjajati Sumarijanto bahkan mengajak Kementrian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (KemenPPPA) untuk mengadakan kegiatan workshop memasak agar perempuan atau ibu rumah tangga berketerampilan.

Kemarin, Sabtu (29/9/2018) Itet Tridjajati Sumarijanto mengadakan workshop memasak dan sosialisasi di kediamannya di Jl. Yos Sudarso, Metro Pusat. Puluhan ibu rumah tangga memadati kegiatan workshop dan sosialisasi dari KemenPPPA ini.

Bu Itet sapaan akrabnya mengatakan, mimpi untuk memberdayakan perempuan tidak akan tercapai jika tidak ada pembinaan yang sifatnya nyata.

“Apalagi jumlah perempuan ada 100 juta dan anak-anak ada 50 juta,” kata Itet.

Bu Itet mengatakan, memilih cara yang nyata dan ekonomis dalam pemberdayaan perempuan. Menurutnya, pemberdayaan perempuan ini visinya ada 3. Pertama menghentikan kekerasan segala bentuk pada perempuan. Kedua mengakhiri perdagangan perempuan. Ketiga mengakhiri keterbatasan perempuan dalam akses ekonomi.

“Saya mencoba menerobos membantu kementrian PP dan PA. Untuk meningkatkan pendidikan dan ketahanan keluarga itu penting. Masak memasak kuliner ini saya kaitkan juga dengan nawacita pak Jokowi. Yakni meningkatkan pariwisata di Indonesia,” katanya.

Bu Itet menambahkan dalam meningkatkan keterampilan tidak sembarangan. Maka segala fasilitas diberikan agar perempuan bisa fokus kuliner ini.

“Kami juga menghadirkan pakar-pakar di level chef. Itu yang kita lakukan, setelah mereka tersedia saya memberi mereka oven yang kelas industri. Bukan oven yang kelas ibu rumah tangga yang sifatnya sendirian,” tandasnya.

Perempuan menurutnya adalah pendamping suami sehingga ketahanan keluarga kuncinya juga ada di perempuan, tidak hanya menunggu jatah dari suami. Kedua perempuan adalah ibu dari anak-anak yang membutuhkan selain kasih sayang juga cerdas sebagai anak bangsa.

“Perempuan bisa membantu secara ekonomi. Ketika suaminya pas-pasan perempuan bisa membantu suami dalam ekonomi. Sebagai mitra suami istri itulah yang akan mencapai ketahanan keluarga,” tuntas Itet Tridjajati Sumarijanto, yang saat ini mencalonkan diri sebagai DPR RI dari Partai PDIP Dapil Lampung II. (suf)