Ismed: Disparbud Lamsel segera Lakukan Perbaikan

Disparbud Bungkam Soal Objek Wisata Terbengkalai

TRANSLAMPUNG.COM, KALIANDA-Ketua Komisi B DPRD Lampung Selatan Ismed Jaya Negara meminta agar Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) untuk segera melakukan pengecekan terhadap sejumlah tempat fasilitas umum ditempat objek wisata yang terbengkalai.

“Disparbud segera melakukan pengecekan kelokasi dan mendata secara langsung terkait saran yang terbengkalai tersebut. Kemudian segera melakukan perbaikan, jangan dilakukan pembiaran seperti ini,” kata Ismed, saat dihubungi, Minggu (5/3).

Menurut dia, penanganan terhadap objek-objek wisata diwilyah Lampung Selatan secara umum merupakan tanggung jawab dari Disparbud selaku satker yang membidangi. Mulai dari pengelolaan, pengembangan dan promosi tempat objek wisata tersebut.

“Untuk itu, Disparbud segera melakukan perbaikan terhadap failitas yang rusak. Hal Ini bertujuan, agar dapat memberikan rasa kenyamanan bagi para pengunjung ditempat objek wisata,” kata dia.

Terkait persoalan banyaknya failitas yang terbengakali ditempat objek wisata Ismed Jaya negara menambahkan, dalam waktu dekat ini akan memanggil Disparbud untuk menanyakan seperti apa kendala dan upaya yang akan dilakukan terhadap fasilitas yang terbengkalai ini.

“Dalam waktu dekat ini, akan kita panggil pihak Disparbud untuk membahas persoalan yang terjadi,” tutup dia.

Sementara itu, Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Lamsel, Fauziah Arif saat hendak dikonfirmasi dikantornya pada Jumat (3/3) kemarin, mengaku tidak bisa diganggu karena sedang memimpin rapat bersama stafnya.

“Nati saja ya, saya tidak ada waktu soalnya mau mimpin rapat,” ucap dia.

Setelah menunggu hampir 2 jam lebih, wartawan media ini mencoba menghubungi via telephone dengan nomor 08127925XXX. Meski lewat telepone sang wartawan ini mencoba memberikan penjelasan, bahwa yang ingin dikonfirmasi menyangkut secara keseluruhan fasilitas umum diobjek wisata yang terbengkalai.

“Sayakan sudah bilang tadi, bahwa saya mau mimpin rapat kalau urusan Dermaga wisata, aku nggak bisa komentar,” tutup dia.

Hingga berita ini ditulis, sang Kepala Disparbud lamsel tidak bisa dikonfirmasi untuk dimintai penjelasan tentang upaya dan langkah apa saja yang akan dilakukan oleh satker ini, dalam persoalan fasilitas yang terbengkalai.

Berdasarkan hasil penelusuran, ditemukan tempat fasilitas diobjek wisata yang terbengkalai. Seperti Dermaga wisata, Dermaga Penambatan perahu, dan yang lebih parah lagi Pemandian Way Belerang yang berada di Desa Sukamandi, Kecamatan Kalianda yang kini fasilitas bangunan tampak nyaris roboh akibat tidak adanya perawatan.

Padahal, tidak sedikit anggaran yang telah dikeluarkan pemerintah setempat, agar ditempat objek wisata tersebut mampu mendongkrak Pendapat Asli Daerah (PAD) dari sektor pariwisita.(jhn)

News Reporter