. . .

Irjen Pol Ike Edwin Adakan Syukuran Adat, Sambut Taruni Pertama Kerajaan Sekala Brak

image_print

TRANSLAMPUNG.COM, BANDARLAMPUNG – Sebagai wujud syukur terhadap nikmat Allah SWT, yang diterima oleh Keluarga Besar, Irjen. Pol. Dr. Drs. H. Ike Edwin, S.I.K., S.H., M.H., M.M,  mengundang Lima Kebuayan yang ada di Kabupaten Way Kanan dan Kerajaan Paksi Pak Sekala Brak, yang diselenggarakan di Lamban Kuning, Bandarlampung, Minggu (22/7).

Syukuran ini dilaksanakan atas prestasi yang diperoleh putri adik kandungnya, Hendrik Muhammad Bunjamin, yakni Ipda Pol RA. Miya Ratih Hendrik Muhammad Bunjamin, yang baru mendapat penghargaan Prasetya Perwira (Praspa) TNI dan Polri tahun 2018.

Sebelumnya Putri dari anak kandung adik Dang Ike Edwin yakni, Ipda Pol RA. Miya Ratih Hendrik Muhammad Bunjamin, telah dilantik langsung oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) Prasetya Perwira (Praspa) TNI dan Polri tahun 2018 di halaman depan Istana Merdeka, Jakarta, Kamis (19/7).

Dalam sambutannya Dang Ike, begitu beliau akrab disapa, mengatakan bersyukur adalah awal kebahagiaan, sebab bersyukur adalah awal dari kelimpahan hidup.

Oleh karena itu, kata Dang Ike, “Bentuk syukur juga diwujudkan dengan mengundang para kebuyaian untuk menyambut kedatangan Taruni pertama generasi penerus keluarga kerajaan Paksi Pak Sekala Brak yakni, Ipda Pol RA. Miya Ratih Hendrik Muhammad Bunjamin.

Ungkapan syukur juga terwarnai dari rangkaian adat Lampung, yang kami adakan dengan mengundang Lima Kebuayan yang ada di Kabupaten Way Kanan dan Paksi Pak Sekala Brak untuk menyambut kehadiran taruni pertama generasi penerus yaitu, Ipda Pol RA. Miya Ratih Hendrik Muhammad Bunjamin, yang kami gelar di Lamban Kuning”, ujar Dang Ike.

Orang Lampung mengekspresikan rasa syukur pada Allah SWT, dengan berpegangkan adat dan  berpedoman “Sai Bumi Ruwa Jurai” Atau provinsi yang masyarakatnya terdiri dari berbagai suku, etnis dan agama nan menyatu dalam ke-Bhinekaan Tunggal Ika.

Begitulah cara orang Lampung ekspresikan rasa syukur pada Allah SWT, dengan berpegangkan adat berpedoman “Sai Bumi Ruwa Jurai” Atau provinsi yang masyarakatnya terdiri dari berbagai suku, etnis dan agama nan menyatu dalam keBhinekaan Tunggal Ika,” ungkap Dang Ike Edwin, seorang tokoh adat yang pertama kali memviralkan salam Salam Lampung (L) Bermartabat.

Nampak pula hadir dalam acara tersebut yaitu, Gubenur Lampung terpilih Arinal Djunaidi, Mantan Bupati Way Kanan Bustami Zainudin, Ketua MUI Lampung KH Khairudin Tahmid, Tokoh Politik Irvan Nuranda Jafar dan lain-lain serta pejabat Muspida Kabupsten/Kota dan Provinsi Lampung serta para Raja dari Sulawesi Selatan.

Acara juga ditandai dengan pemberian bunga yang diserahkan langsung oleh Irjen Pol Ike Edwin kepada Ipda Pol RA. Miya Ratih Hendrik Muhammad Bunjamin. (rls/nys)