. . .

Inspektorat Temukan Beberapa SKPD Lamsel Bermasalah

image_print

TRANSLAMPUNG.COM, KALIANADA – Sejumlah Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) Kabupaten Lampung Selatan menjadi temuan Inspektorat Provinsi Lampung, terkait laporan adminstrasi yang bermasalah.

Temuan tersebut, terungkap saat Tim Inspektorat Provinsi Lampung tengah melakukan Entry Meeting pemeriksaan berkala di Pemerintah Kabupaten Lampung Selatan.

Parina, selaku Irban II Inspektorat Provinsi Lampung menjelaskan temuan pelanggaran adminstrasi di sejumlah SKPD seperti di Sekretaiat DPRD Lamsel, Dinas Pendapatan, Dinas Peternakan, Dinas Perdagangan, BAPPEDA,  Dinas Perikanan, Dinas Pariwisata, BKD, Dinas Sosial, PMD, Dinas Koperasi, Disperkim, Dispora, Sat.Pol.PP dan Damkar, dan Badan Pemberdayaan Perempuan.

“Kemudian juga terdapat temuan, dibagian hukum, bagian perekonomian dan Bagian BMS. Semua temuan tersebut, sedang berproses dan sudah dibicarakan. Tetapi, sayangnya Pemkab Lamsel hingga saat ini tidak ada upaya tindak lanjut atas temuan pelanggaran tersebut,” jelas Parina, Selasa (22/8) kemarin.

Sementara itu, Kepala Inspektorat Kabupaten Lampung Selatan, Joko Sapta mengatakan atas temuan Inspektorat Provinsi Lampung itu pihaknya akan segera berkoordinasi dengan Inspektorat Provinsi dan secepatnya menindaklanjut atas temuan tersebut.

“Secepatnya kita menindak lanjutinya. Selain itu diharapkan, semua SKPD yang terdapat temuan untuk secepatnya melakukan koordinasi tampa menunggu  waktu lama,” kata Joko.

Oleh karena itu, adanya Entry Meeting Pemeriksaan Berkala ini dapat secepatnya melakukan perbaikan. Sehingga, semua temuan tersebut tidak menjadi persoalan ditahun mendatang.

“Sebenarnya temuan Inspektorat itu, hanya bersipat administrasi untuk Standar Operasional (SOP) program kerja disetiap SKPD saja. Mudah-mudahan temuan itu dapat diselesaikan, apalagi tim Inspektorat melakukan entry selama dua pekan mendatang untuk melakukan perbaikan,” pungkasnya.

Sebelumnya diberitkan, Translampung.com Inspektorat Provinsi Lampung berhasil temukan sejumlah pelanggaran administrasi laporan keuangan, di setiap Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) di Lingkup Pemerintah Kabupaten Lampung Selatan.

“Dari hasil pemeriksaan yang dilakukan, SKPD dilamsel ini, begitu banyak sekali temuan laporan pelanggaran keuangan sejak tahun 2015  –  2017,” beber Parina, selaku Irban II Inspektorat Provinsi Lampung, saat kegiatan  Entry Meeting Pemeriksaan Berkala di Pemerintah Kabupaten Lampung Selatan, yang berlangsung di Rumah Dinas Bupati, Selasa (21/8/2018).

Temuan itu, ditambahkan dia sifatnya bervariasi mulai dari 1 temuan hingga 10 temuan pada setiap SKPD dan Setiap Bagian Sekretariat Pemkab Lamsel.

“Nah, Tim kami yang akan bertugas melakukan Entry Meeting Pemeriksaan Berkala terbagi dua. Dan akan bertugas melakukan pemeriksaan, terhitung hari ini hingga awal September,” pungkasnya. (jhn/hkw)