Warning: mysqli_real_connect(): Headers and client library minor version mismatch. Headers:50559 Library:100131 in /var/www/vhosts/translampung.com/public_html/wp-includes/wp-db.php on line 1531 Inspektorat Lamsel terapkan Siskuedes secara Gratis untuk Desa. -
Inspektorat Lamsel terapkan Siskuedes secara Gratis untuk Desa.
TRANSLAMPUNG
COM, KALIANDA – Inspektorat Kabupaten Lampung Selatan bekerjasama dengan Badan Pengawas Keuangan dan Pembangunan (BPKP) Perwakilan Provinsi Lampung, membekali sebanyak 50 orang Satuan Tugas untuk Sistem keuangan desa (Siskeudes).
 “Ada sekitar 50 orang Satgas dari staf PMD, Inspektorat dan pendamping desa kami bekali terlebih dahulu pelatihan tentang Siskeudes selama 1 minggu. Selanjutnya, mereka ini nanti yang akan bertugas membantu setiap desa untuk menyusun laporan keuangan mulai dari ADD/DD. Satgas ini yang akan memberikan pelatihan dan pendampingan ke masing-masing desa secara gratis tampa dipungut biaya,” kata Kepala Inspektorat Lamsel, Y.Joko Sapta Prihandayana ditemui disela-sela kegiatan Bimtek yang berlangsung di Aula Sertung Bandiklat, Senin (4/6/2018).
Sementara itu, Jhon Z Nasaputra Badan Pengawas Keuangan dan Pembangunan (BPKP) Perwakilan Provinsi Lampung Korwas Bidang APD mengatakan pelatihan yang diberikan ini meningkatkan tatakelola keuangan yang akuntabel, transparan dan prefesional bagi pemerintah desa khususnya di Kabupaten Lampung Selatan.
“Aplikasi Siskuedes ini, dibuat oleh BPKP yang sesuai aturan untuk memudahkan serta menselaraskan semua laporan keuangan. Dimana tidak semua perangkat kepala desa, memiliki sumberdaya manusianya yang baik. Jika pelaporannya tidak baik tentu menyulitkan semua pihak. Oleh karena itu, melalui Siskuedes ini dapat menyeragamkan laporan yang dibuat oleh setiap desa,” beber dia.
Jika aparat didesa sudah memahami, ditambahkan dia, nanti semua laporan keuangan disetiap desa akan teraplikasi secara online.
“Kedepan semua laporanya keuangan disetiap desa akan secara online, transfran dan akuntabel memalui Siskuedes ini,” pungkasnya.(JOHAN)
News Reporter