Ini Modus Bobol ATM Tusuk Gigi Komplotan Asal Tanggamus

HADAPI JERATAN HUKUM: Inilah empat tersangka pembobol ATM modus tusuk gigi asal Kabupaten Tanggamus yang sudah beraksi di sejumlah ATM di Kota Ternate, dan kini sudah dibekuk Unit Resmob Satreskrim Polres Ternate, di kamar Hotel Aston Kelurahan Gamalama, Kecamatan Ternate Tengah, tempat para tersangka menginap. (Foto: IST)

TRANSLAMPUNG.COM, TANGGAMUS – Kapolres Tanggamus AKBP Alfis Suhaili mengutip keterangan Polres Ternate menerangkan, dalam setiap aksinya komplotan asal Tanggamus itu menggunakan modus operandi dengan mengganjal mesin ATM menggunakan tusuk gigi.

Biasanya para tersangka mengincar mesin ATM yang sepi dari pengawasan petugas keamanan. Tusuk gigi itu diganjalkan di tempat masuknya kartu ATM. Saat korban mau masukkan kartu, kartunya keluar.

BERAGAM BARANG BUKTI: Unit Resmob Satreskrim Polres Ternate juga menyita beragam barang bukti dari hasil penangkapan empat tersangka pembobol ATM asal Tanggamus. (Foto: IST)

“Saat itulah pelaku akan berpura-pura menolong. Mereka akan mencoba untuk membantu memasukkan kartu ke dalam mesin. Pelaku pinjam kartu ATM korban, lalu bertanya nomor PIN-nya, ternyata memang tidak bisa. Setelah korban meninggalkan ATM, kemudian pelaku menukarkannya dengan kartu palsu. Setelah itu pelaku menguras saldo milik korban melalui mesin ATM,” papar Alfis Suhaili.

Baca juga: Ini Kronologi Penangkapan Pembobol ATM Asal Tanggamus di Ternate

Masih berkaitan dengan penangkapan empat tersangka pembobol ATM asal Tanggamus ini, Alfis Suhaili mendapatkan beberapa catatan penting. Yaitu, kelompok pelaku kejahatan asal Provinsi Lampung, termasuk Tanggamus, sebelum ke Maluku Utara, lebih dulu “beroperasi” di wilayah Jakarta dan daerah sekitar Jabodetabek selama empat bulan.

“Kedua, kelompok asal Lampung adalah kelompok bobol mesin ATM yang merupakan anggota transnasional organized crime atau sindikat kejahatan terorganisir antarprovinsi,” tandas Alfis Suhaili. (ayp)

News Reporter