Ini Kronologi Penangkapan Pembobol ATM Asal Tanggamus di Ternate

HADAPI JERATAN HUKUM: Inilah empat tersangka pembobol ATM modus tusuk gigi asal Kabupaten Tanggamus yang sudah beraksi di sejumlah ATM di Kota Ternate, dan kini sudah dibekuk Unit Resmob Satreskrim Polres Ternate, petugas juga menyita beragam barang bukti dari hasil penggeledahan kamar hotel di Kelurahan Gamalama, Kecamatan Ternate Tengah, tempat para tersangka menginap. (Foto: IST)

TRANSLAMPUNG.COM, TANGGAMUS – Kronologis penangkapan empat tersangka tindak pidana pencurian mesin ATM di Kota Ternate oleh sindikat pembobol ATM antarprovinsi asal Kabupaten Tanggamus, Kapolres AKBP Alfis Suhaili menjelaskan, berawal pada Kamis (1/1) pukul 20.00 WIT.

Kala itu, Unit Reserse Mobile (Resmob) Satreskrim Polres Ternate mendapatkan informasi dari salah seorang karyawan PT Suwadharma Sarana Informatika (SISI), bahwa ada beberapa mesin ATM di Kota Ternate telah dijebol oleh sekelompok orang tak dikenal.

“Dari informasi tersebut, Unit Resmob dipimpin langsung Kasat Reskrim Polres Ternate AKP Arinta Fauzi, bergerak cepat melakukan penyelidikan. Kemudian ditemukan tempat persembunyian komplotan tersangka di salah satu hotel di Kelurahan Gamalama,” ungkap Alfis Suhaili.

BERAGAM BARANG BUKTI: Unit Resmob Satreskrim Polres Ternate juga menyita beragam barang bukti dari hasil penangkapan empat tersangka pembobol ATM asal Tanggamus. (Foto: IST)

Kemudian sekitar pukul 22.30 WIT, setelah mengedintifikasi para pelaku, Unit Resmob melakukan penggerebekan. Alhasil polisi menangkap empat orang tersangka yang bertempat di Hotel Aston Kelurahan Gamalama, Kecamatan Ternate Tengah. Petugas juga langsung melakukan penggeledahan di kamar hotel tersebut.

“Hasil penggeledahan, Unit Resmob Polres Ternate berhasil mengamankan sejumlah uang dan beberapa unit handphone dan kartu ATM. Para tersangka kemudian diamankan di Mapolres Ternate untuk diinterogasi, dan selanjutnya dilakukan pengembangan,” jelas Alfis Suhaili mengutip hasil koordinasinya dengan Polres Ternate.

Baca juga: Bobol ATM Modus Tusuk Gigi, Empat Pria Asal Tanggamus Dibekuk Resmob Ternate

Berikutnya, Unit Resmob melakukan pengembangan di sejumlalah mesin ATM di Kota Ternate. Pada saat penggembangan dan diminta menunjukkan tempat kejadian perkara (TKP), tersangka mencoba mengelabui dan melawan petugas untuk melarikan diri. Atas percobaan tersebut, petugas mengambil tindakan tegas dengan melumpuhkan pelaku.

Selain membekuk empat tersangka, Alfis Suhaili menerangkan, Polres Ternate juga menyita beragam barang bukti. Antara lain uang tunai berjumlah Rp5.500.000, 5 buah kartu ATM BCA, 5 buah kartu ATM BNI, 7 buah kartu ATM BRI, 7 buah kartu ATM Bank MANDIRI, 2 buah kartu ATM CIMB Niaga, 1 buah kartu ATM BTPN, 1 buah kartu ATM Maestro, 5 lembar bukti transaksi BRI dan Bank MANDIRI, 2 buah Surat Izin Mengemudi (SIM), 3 buah Kartu Tanda Penduduk (KTP), dan 5 batang tusuk gigi. (ayp)

News Reporter