Warning: mysqli_real_connect(): Headers and client library minor version mismatch. Headers:50553 Library:100131 in /var/www/vhosts/translampung.com/public_html/wp-includes/wp-db.php on line 1531 Ini Jumlah Pemilih Tanggamus yang Konsisten dengan Pemberian Kandidat Versi RAKATA -
Ini Jumlah Pemilih Tanggamus yang Konsisten dengan Pemberian Kandidat Versi RAKATA

Direktur Eksekutif RAKATA Institute, Eko Kuswanto

TRANSLAMPUNG.COM, BANDARLAMPUNG – Untuk diketahui, Selasa (27/2) kemarin, Busro selaku Peneliti RAKATA Institute Korwil Tanggamus menjelaskan, dilihat dari angka perolehannya, Paslon Samsul Hadi-Nuzul Irsan masih lebih diuntungkan, karena berada sedikit di atas Paslon Dewi Handajani-A.M. Syafi’i.

“Kalau kita lihat saat ini, kita hilangkan swing voters, maka suara Samsul Hadi-Nuzul Irsan yaitu 54,84% dan untuk Dewi Handajani-A.M. Syafi’i 45,16%,” ujar Busro.

Sementara dilihat dari survei Lembaga RAKATA Institute, menunjukkan sebesar 31,50% warga Tanggamus, masih menganggap politik uang dalam pilkada sebagai hal yang wajar.

“Angka ini memang masih relatif kecil, karena di bawah angka 50%,” ungkap Busro lagi.

Ini Menarik, baca juga: RAKATA: Dekati Swing Voters bukan Pelanggaran, tapi ”Strategi Pasar”

Dia memaparkan, hasil survei menyatakan, sebanyak 50,25% warga Tanggamus menganggap politik uang tidak wajar. Sedangkan 18,25% tidak memberikan jawaban.

“Akan tetapi, dari yang menganggap wajar itu, ternyata mereka akan menerima pemberian tapi belum tentu memilih, yaitu sebesar 71%,” jelas Busro.

Sedangkan, warga yang tidak akan menerima uang dari calon bupati, hanya sebanyak 12,50%. Lalu, yang mau menerima pemberian dan memilih hanya 8,25%, dan sisanya yaitu 8,25% mengaku akan menerima yang memberi dalam jumlah banyak.

“Jadi kesimpulannya, sangat kecil pemilih yang akan menerima pemberian kandidat lalu konsisten memilih kandidat yang telah memberikan sesuatu,” pungkas Busro.

Selengkapnya baca Trans Lampung edisi Kamis 1 Maret 2018. (tha/ayp)

News Reporter