ibu Sukinah terkena alergi parah

0
1132
views

TransLampung

Sukadana- ibu Sukinah (68 tahun) warga dusun Bumi Jaya desa pasar Sukadana kecamatan Sukadana Lampung Timur terkena penyakit alergi yang cukup parah. Kulit ibu Sukinah melepuh kehitam-hitaman bahkan ketika di sentuh dengan jari kulit ibu Sukinah mengelupas dan menempel di ujung jari.

 

Setelah di rawat selama 3 hari di RSUD Sukadana Lamtim penyakit pasien bertambah parah, akhirnya pihak keluarga meminta agar pasien di rujuk ke RSUD Abdul moeloek Bandar lampung. sekarang ibu Sukinah telah di rawat di Rsud Abdul moeloek.

Dian ansori mewakili P2TP2A (pusat pelayanan terpadu pendampingan perempuan dana anak) Lamtim ketika di wawancarai mengatakan “P2TP2A Lamtim telah melakukan pendampingan dan membantu mengupayakan mengajukan keringanan biaya dan pembuatan Bpjs kesehatan juga meminta rekomendasi dari Pemda Lampung timur melalui dinas – dinas terkait.?

P2TP2 Lampung timur kecewa dengan dinas kesehatan Lampung Timur karena ketika akan meminta rekomondasi untuk keringanan ibu Sukinah, kepala dinas kesehatan Lampung Timur dr. Evi sedang melaksanakan ibadah umroh sementara kepala bidang yang menangani masalah tersebut sedang dinas luar, Kasi dinkes LamTim yang ada di tempat tidak diberi wewenang untuk merekomondasikan hal tersebut. 

Menurut Dr. Adi Gunawan RSUD Abdul Moeloek melalui Dian Ansori mengatakan bahwa ada kemungkinan pasien terkena Stivens Johnson Syndrome jenis penyakit alergi yang parah di picu oleh penggunaan obat-obat, meskipun sebagian orang bisa juga dipicu oleh infeksi kuman-kuman tertentu.

Jenis obat-obat yang paling sering memicu SJ Syndrome adalah sebagai berikut:

  1. Obat-obat anti asam urat
  2. Obat anti infamasi non steroid (AINS) yang banyak dipakai untuk meredakan nyeri
  3. Anti biotik khususnya penicilin
  4. Anti kejang, biasanya dipakai pengidap epilepsi”..pungkasnya