. . .

HUT RI Ke-74, Sebanyak 473 Napi Di Lampura Mendapat Remisi

image_print

TRANSLAMPUNG.COM

LAMPUNG UTARA – Menjelang perayaan Hari Ulang Tahun (HUT) kemerdekaan Republik Indonesia (RI) yang ke 74, sedikitnya 473 Narapidana (Napi) yang terdapat di Rumah Tahanan Negara (Rutan) kelas IIB Kotabumi dan Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIA Kotabumi, mendapatkan remisi.

Ke 473 Napi yang mendapatkan remisi tersebut terbagi dari 169 orang yang terdapat di Rutan kelas IIB Kotabumi, dan 304 orang yang merupakan warga binaan yang terdapat di Lapas kelas IIA Kotabumi. Hal tersebut dijelaskan oleh Kepala Rumah Tahanan Negara (Ka Rutan) kelas IIB Kotabumi Denial Arief, A.Md.IP., SH., MH, dan Dr. Tetra Destorie, A.Md. IP, S.Sos., SH, MH Kepala Lembaga Pemasyarakatan (Ka Lapas) Kelas IIA Kotabumi, kepada Radar Kotabumi, melalui sambungan telepon genggamnya, Kemarin (12/08) sekira pukul 12.00 WIB.

Menurut Ka Rutan kelas IIB Kotabumi Denial Arief, Napi yang di usulkan untuk mendapatkan remisi sebanyak 361 orang, namun yang diterima remisinya hanya sebanyak 169 orang saja. Hal tersebut berdasarkan hasil keputusan dari surat Direktur Jenderal Pemasyarakatan Nomor : PAS-3.UM. 01.01-90 pada 11 Juni 2019, tentang Rekapitulasi Pemberian Remisi Umum tahun 2019 dari Rutan Kelas IIB Kotabumi, ujarnya (sumber Radar Kotabumi)

Pemberian remisi terhadap sejumlah Napi tersebut lanjut Denial, tentunya berdasarkan hasil pertimbangan, dan perkara Napi yang bersangkutan telah memiliki keputusan tetap dari pihak Pengadilan Negeri (PN), selain itu yang bersangkutan juga telah menjalani hukuman minimal 6 bulan kurungan penjara.

Tidak hanya itu lanjutnya, pemberian remisi terhadap para Napi tersebut, juga berdasarkan dari hasil pengamatan, bahwa yang bersangkutan memiliki kelakuan baik selama dalam tahanan, selain itu para Napi yang bersangkutan juga harus turut aktif dalam kegiatan pembinaan kemandirian, jasmani dan rohani, terangnya.

Hal serupa juga di ungkapkan oleh Ka Lapas kelas IIA Kotabumi, Tetra Destorie, melalui sambungan telepon genggamnya. Menurut Tetra, dalam pengajuan untuk pemberian remisi terhadap Napi yang terdapat di Lapas Kelas IIA Kotabumi, sebanyak 423 orang. Namun berdasarkan hasil pertimbangan dan keputusan yang menerima remisi umum menjelang perayaan HUT RI ke 74 tersebut hanya sebanyak 304 orang saja.

Tentunya, dalam pemberian remisi umum tersebut dapat terlaksana selama para Napi tersebut dapat memenuhi syarat-syarat administratif dan Suplantifnya, jelas Dr. Tetra Destorie kemarin. (Iwan/ek)

error: Content is protected !!