HUT Ke-44, PPNI dan TKS Lampura Gelar Apel Akbar

TRANSLAMPUNG.COM, KOTABUMI – Dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun Persatuan Perawat Nasional Indonesia (PPNI) yang ke – 44 Tahun 2018, PPNI Lampung Utara dan Forum Tenaga Kerja Sukarela (TKS) menggelar Apel Akbar dan penyaluran tali asih dan sembako ke pondok pesantren Al Mursin karang Agung dan pondok pesantren husnul  Amal jalur dua kebun 4, Senin (19/3).

Apel akbar yang dilaksanakan di halaman Kampus Program Studi Keperawatan Kotabumi tersebut, dipimpin langsung oleh Kepala Dinas Kesehatan Lampura, dr. Maya Metisa yang dihadiri Ketua DPD PPNI Kabupaten Lampung Utara Ns. Joko Budi Prasetio, S. Kep,  dan seluruh anggota PPNI Kabupaten Lampung Utara.

Dalam sambutannya, Kadis Kesehatan dr. Maya Metisa yang menyampaikan sambutan dari  Ketua Umum Dewan Pengurus Pusat PPNI Haris Fadila.

“Allahmdulillah hari ini kita semua dapat berkumpul dalam rangka memperingati HUT PPNI yang Ke-44,” ucapnya.

PPNI telah melakukan perjalanan panjang sebagai organisasi profesi perawat Indonesia,  yang mana sejak dibentuknya PPNI pada tahun 1974, PPNI terus berkembang dan berperan serta dalam pembangunan kesehatan di Kabupaten Lampung Utara.

“Oleh karenanya mari kita jadikan momen HUT PPNI ini Untuk memanjatkan doa agar organisasi ini semakin berkembang dan terpelihara kesatuannya dimasa yang akan dating,” lanjutnya.

Lebih lanjut disampikan Maya Metisa, kegiatan dengan mengusung Tema,” Gerakan Perawat dalam mendukung Praktik Keperawatan Mandiri,” bertujuan memarakkan praktik-praktik keperawatan mandiri di daerah dengan mendorong pendirian praktik keperawatan mandiri.

“Sehingga dapat membantu meningkatkan aksesibilitas pelayanan kesehatan keseluruh penjuru Indonesia, sekaligus menjadi daya ungkit pengakuan masyarakat terhadap profesi perawat,” ucap Maya Metisa.

Selain itu praktik keperawatan mandiri dapat berfungsi memberikan layanan pertolongan pertama saat dalam keadaan darurat, dan dapat menjadi salah satu penggerak program-program Pemerintah dalam bidang kesehatan sesuai dengan Nawacita Pembangunan Kesehatan Indonesia.

“Praktik keperawatan mandiri merupakan salah satu bentuk pengabdian perawat dalam mendukung upaya pembangunan kesehatan agar tercapainya Indonesia sehat, sehingga pelayanan kesehatan dapat dijangkau oleh seluruh lapisan masyarakat dimana pun berada,” pungkasnya.

Terpisah, Ketua DPD PPNI Lampung Utara Ns. Joko Budi Prasetio saat dikonfirmasi mengatakan, dalam rangka HUT PPNI yang ke-44, Hari ini PPNI Lampura bersama Forum TKS melaksnakan apel akbar dan bakti sosial ke pondok pesantren Al Mursin Karang Agung dan pondok pesantren husnul Amal jalur dua Kebun 4.

Dikatakannya, tujuan dari kegiatan tersebut agar masyarakat lebih tau siapa itu perawat.

“Dengan harapan kita lebih dapat dekat dengan masyarakat. Sehingga kita dapat mensuksekan pembangunan dibidang kesehatan. Untuk itu saya berpesan kepada adik adik perawat tetap berikan pelayanan yang terbaik, sehingga kita dapat memberikan kontribusi yang terbaik untuk Lampung Utara,” pintanya.

“Dengan menunjukan kinerja dan pelayanan yang terbaik kita berharap kepada pemerintah agar dapat mengangkat status para TKS. Karena dengan pengahasilan mereka selama ini tidak sesuai denga beban dan tanggung jawab yang mereka emban,” pungkasnya. (eka/hkw)

News Reporter