. . .

Hujan, Tetap Gelar Upacara Hari Pahlawan

image_print

TRANSLAMPUNG.COM, KALIANDA – Meski hujan deras yang terjadi di Kota Kalianda, membuat pelaksanaan upacara peringatan Hari Pahlawan dipindahkan oleh Pemerintah Kabupaten Lampung Selatan.

Sudah biasanya upacara peringatan Hari Pahlwan ke-73 akan dilaksanakan di Lapangan Kopri Pemkab setempat, dipindahkan di Aula Sebuku, Rumah Dinas Bupati Lamsel. Meski demikian, upacara tetap berlangsung khidmat dan lancar.

Pada kesempatan tersebut, Plt. Bupati Lamsel, Nanang Ermanto menyampaikan sambutan Menteri Sosial RI, Agus Gumiwang Kartasasmita mengatakan, rangkaian peringatan Hari Pahlawan bertujuan untuk memperkuat nilai-nilai kepahlawanan, mempertebal rasa cinta tanah air, dan meneguhkan semangat pengabdian bagi bangsa dan negara dihati sanubari bangsa Indonesia.

“Peringatan Hari Pahlawan bukan semata seremoni, namun harus sarat makna. Subtansi setiap peringatan Hari Pahlawan harus dapat menggali dan memunculkan semangat baru dalam implementasi nilai-nilai kepahlawanan dalam kehidupan sehari-hari,” kata Nanang yang menjadi inspektur upacara, Senin (12/10).

Namun sangat penting, sebab nilai kepahlawanan bukan bersifat statis, namun dinamis, bisa menguat bahkan melemah.

“Untuk itu kiranya, seluruh rangkaian kegiatan peringatan Hari Pahlawan harus menjadi energi dan semangat baru mewarisi nilai perjuangan dan patriotism dalam membangun bangsa Indonesia,” tutur Nanang.

Ia menambahkan, tema Hari Pahlawan tahun 2018, yakni “Semangat Pahlawan di Dadaku” mengandung makna sesuai fitrahnya dalam diri setiap insan tertanam nilai-nilai kepahlawan.

“Oleh karenanya, siapaun bisa menjadi pahlawan, setiap warga negara Indonesia tanpa terkecuali dapat berinisiatif mengabadikan hal bermanfaat untuk kemaslahatan diri, lingkungan sekitar, dan bagi bangsa dan negara,” katanya.

Diakhir, melalui momentum peringatan Hari Pahlawan, Nanang juga mengajak kepada semua untuk berbuat yang terbaik bangsa Indonesia, serta berkontribusi nyata untuk kemajuan bangsa.

“Kobarkan terus semangat pahlawan di dada, torehkan prestasi yang membawa harum nama bangsa dan negara. Jaga selalu persatuan dan kesatuan dalam jalinan toleransi dan kesetiakawanan sosial. Semoga semangat pahlawan senantiasa mewarnai setiap langkah kita,” pungkasnya. (jhn/hkw)