Horeee..!? Bantuan Rumah sudah cair
TRANSLAMPUNG.COM,KALIANDA – Masyarakat yang memiliki rumah tidak layak huni  bisa tersenyum lega. Pasalnya, Pemerintah Kabupaten Lampung Selatan segera melakukan pembangunan rehab untuk 398 unit rumah tidak layakhuni.
Kepala Dinas Perumahan Afflah Efendi dan Pemukiman (Perkim) Lampung Selatan secara rinci menjelaskan, untuk rehab tidak layakhuni bersumber dari APBN berjumlah 360 unit untuk kecamatan Rajabasa dan Bakauheni. Kemudian ditambah dana APBD Lamsel berjumlah 38 unit untuk 11 Kecamatan di Lamsel.
“Untuk dana rehab tersebut diberikan masing-masing sebesar 15 juta/unit. Dana tersebut langsung masuk kerekening sipenerima bantuan rumahbtidak layakhuni,” ungkap Afflah ditemui Translampung.com, usai pembukaan sosialisasi Program Bantuan Stimulan Swadaya (BSPS) yang berlangsung di Gedung PKK, yang secara resmi dibuka Oleh Asisten Ekonomi dan Pembangunan (Ekobang) Mulyadi Saleh, Selasa (15/5/2018).
Setelah dilakukan sosialisasi ini, lanjut dia terhitung mulai hari pembangunan rumah tidak layakhuni dapat langsung dilakukan atau dimulai pembangunannya.
“Untuk tahun mendatang Pemkab Lamsel, tengah mengusulkan kepada pemerintah pusat sebanyak 2000 unit. Oleh karena itu, bagi warga yang belum mendapatkan bantuan bedah rumah untuk segera mengusulkan melalui desa. Nantinya pihak desa,  akan mengusulkan kekecamatan selanjutnya diverifikasi Dinas Perkim Lamsel,” kata dia.
Untuk Krteria bisa mendapatkan bantuan bedah rumah, ditambahkan dia, diantaranya bangunan rumah tidak kuat, tidak pondasi,  tidak sehat, tidak aman, tidak memiliki MCK, dan tidak kecukupan ruang untuk satu orang 1 orang yakni  9 meter persegi.
“Kemudian, tidak atau belum pernah sama sekali mendapatkan bantuan baik dari pemerintah pusat atau daerah. Dan yang terakhir, lokasi dan rumah miliki pribadi,” kata dia.(JOHAN)
News Reporter