Hore KTP-EL di Lamteng Bisa Lagi. Setelah Sebelumnya Server Kena Virus

0
290
views

TRANSLAMPUNG.COM, GUNUNGSUGIH – Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Lamteng kembali bisa melayani pencetakan KTP-Elektronik (KTP-El) khusus untuk data perekaman yang lama. Sebelumnya, pelayanan cetak KTP-El sempat dihentikan sementara karena adanya virus pada server pusat.

Selama ini data kependudukan di daerah langsung terhubung ke server pusat Kementerian Dalam Negeri. Sehingga, jika terjadi gangguan di server pusat, praktis pencetakan KTP-El di kabupaten/kota tidak dapat dilakukan.

“Kemarin memang informasi dari pusat ada virus pada server sehingga server di kantor kita matikan dan tidak bisa melakukan pencetakan KTP-El. Tapi, sekarang sudah bisa melayani pencetakan kembali. Kejadian ini bukan hanya di Lamteng tapi bersifat nasional,” kata Kabid Pelayanan Pendaftaran Penduduk Disdukcapil Lamteng Yudairi Hasan, Kamis (8/6).

Hanya saja, layanan pencetakan KTP-El hanya bisa dilakukan untuk data perekaman yang telah lama. Untuk data perekaman KTP-El tahun 2017 ini belum bisa dicetak. Karena data barang tersebut di server belum muncul. Itu karena Kementerian Dalam Negeri dalam hal ini Kependudukan dan Catatan Sipil masih mengentry data baru.

“Proses entry ini KTP-El ini bukan seperti buat kartu lainnya. Karena kan di pusat masih harus diverifikasi lagi. Karena itu, data perekaman yang baru belum muncul di server. Ini juga sama kasusnya dengan daerah lain,” kata Yudairi.

Menurutnya, Disdukcapil Lamteng sering mendapatkan keluhan dari masyarakat terkait dengan pencetakan KTP-El. Diakuinya, saat itu blangko KTP-El memang belum mendapat kiriman dari pusat. Sehingga, sesuai dengan edaran Kemendagri bisa menerbitkan surat keterangan sebagai pengganti KTP-El.

“Bahkan, pernah ada yang komplain kepada kami kalau surat keterangan itu tidak dapat digunakan untuk proses perbankan. Padahal, sudah dijelaskan bahwa surat keterangan itu tetap sah selama masih berlaku. Karena saat itu memang blangko belum dikirim dari pusat. Nah, sekarang ini blangko sudah tersedia dan kami pun mendapat alokasi blangko KTP-El dari pusat dalam jumlah terbatas,” kata dia. (jar)